Hambatan Mahasiswa PJKR Kelas B Angkatan 2021 FIK UNY dalam Mengikuti Perkuliahan Keterampilan Dasar Senam

Larasati, Murni (2022) Hambatan Mahasiswa PJKR Kelas B Angkatan 2021 FIK UNY dalam Mengikuti Perkuliahan Keterampilan Dasar Senam. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_murni larasati_18601241044.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan dialami mahasiswa PJKR B 2021 dalam mengikuti perkuliahan Keterampilan Dasar Senam. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini yaitu mahasiswa PJKR kelas B angkatan 2021 dengan kriteria mahasiswa yang mendapat nilai B pada mata kuliah Keterampilan Dasar Senam. Data penelitian ini didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data tematik yang dibantu dengan aplikasi atlas.ti 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan yang dialami mahasiswa PJKR kelas B 2021 pada perkuliahan Keterampilan Dasar Senam dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu fator internal dan faktor eksternal. Berdasarkan faktor internal pada indikator fisik yaitu mahasiswa memiliki tubuh yang kaku dan setelah perkuliahan badan merasa pegal-pegal. Kemudian pada indikator psikis yaitu mahasiswa kurang suka dengan beberapa materi dan merasa takut untuk mencoba gerakan senam. Berdasarkan faktor eksternal pada indikator dosen yaitu mahasiswa lebih menyukai ketika perkuliahan dilakukan secara luring. Pada indikator materi yaitu mahasiswa mengalami kesulitan pada gerakan handspring dan guling lenting. Kemudian kondisi sarana dan prasarana masih baik dan memadahi, hanya saja matras yang digunakan kotor dan mulai rapuh. Pada penelitian ini faktor internal lebih dominan menjadi penyebab mahasiswa PJKR kelas B 2021 mengalami hambatan saat perkuliahan Keterampilan Dasar Senam.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dra. Farida Mulyaningsih, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: hambatan, mahasiswa PJKR Kelas B 2021, mata kuliah keterampilan dasar senam
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 24 May 2022 02:43
Last Modified: 24 May 2022 02:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73143

Actions (login required)

View Item View Item