Analisis Butir Soal Pilihan Berganda Mata Pelajaran Penjas Kelas VIII SMP Negeri 2 Bambanglipuro Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2021/2022

Murti, Indi Anata (2022) Analisis Butir Soal Pilihan Berganda Mata Pelajaran Penjas Kelas VIII SMP Negeri 2 Bambanglipuro Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2021/2022. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_indi anata murti_18601241048.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kualitas butir soal pilihan berganda Penilaian Akhir Semester Ganjil pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) kelas VIII SMP Negeri 2 Bambanglipuro Kabupaten Bantul tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei dan merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi untuk memperoleh data soal ujian, kunci jawaban soal serta hasil jawaban siswa. Dalam menganalisis data penelitian, peneliti menggunakan bantuan program Excel untuk mengetahui tingkat kesukaran soal, daya beda soal dan fungsi distraktor soal. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kualitas butir soal pilihan berganda mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) kelas VIII SMP Negeri 2 Bambanglipuro Kabupaten Bantul ditinjau dari tingkat kesukaran soal didapatkan hasil bahwa sebanyak 3 butir soal (6%) dalam kategori sukar, 6 butir soal (12%) dalam kategori sedang dan 41 butir soal (82%) dalam kategori mudah. Ditinjau dari daya beda soal sebanyak 30 butir soal (60%) dalam kategori daya pembeda lemah, 17 butir soal (34%) dalam kategori daya pembeda sedang, 1 butir soal (2%) dalam kategori daya pembeda baik, 0 butir soal (0%) dalam kategori daya pembeda sangat kuat dan 2 butir soal (4%) dalam kategori daya pembeda sangat jelek. Ditinjau dari fungsi distraktor soal sebanyak 54 opsi (36%) berada pada kategori baik dan sebesar 96 opsi (64%) berada pada kategori kurang baik.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Guntur, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: analisis butir soal, program excel
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 24 May 2022 02:30
Last Modified: 24 May 2022 02:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73141

Actions (login required)

View Item View Item