Pengaruh Literasi Fisik Terhadap Keterampilan Formula 1 (Kids Athletics) Siswa Kelas V SD Negeri Ngabean, Kecamatan Secang

Fulana, Dyah (2022) Pengaruh Literasi Fisik Terhadap Keterampilan Formula 1 (Kids Athletics) Siswa Kelas V SD Negeri Ngabean, Kecamatan Secang. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_dyah fulana_18602241034.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemberian literasi terutama literasi fisik yang terprogram sehingga prestasi yang optimal belum tercapai dan juga kondisi pada masa pandemi yang membuat anak kekurangan pengalaman gerak terarah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh literasi fisik terhadap keterampilan formula 1 (kids athletics) siswa kelas V SD Negeri Ngabean, Kecamatan Secang. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment design atau eksperimen semu, dengan one group pretest and posttest design. Populasi dan sampel penelitian ini adalah semua siswa kelas V di SD Negeri Ngabean Kecamatan Secang yang berjumlah 29 siswa. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes formula 1 pada kid atletik. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji t (paired sample t-test). Hasil analisis data menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara literasi fisik dengan keterampilan formula 1 (kids athletics) siswa kelas V SD Negeri Ngabean, Kecamatan Secang. Berdasarkan tabel hasil “Paired Samples Test” di atas, diketahui nilai Sig. (2- tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Nilai ini menunjukkan selisih antara rata-rata hasil literasi fisik pre test dengan rata-rata hasil literasi fisik post test atau 21,62 - 19,62 = 2,000 dan selisih perbedaan tersebut antara 1,326 sampai dengan 2,674 (95% Confidence Interval of the Difference Lower dan Upper). Berdasarkan hasil perhitungan tersebut dapat diperoleh presentase peningkatan sebesar 20,71% setelah adanya perlakuan atau treatment latihan literasi fisik.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Ria Lumintuarso, M.Si.
Uncontrolled Keywords: literasi fisik, metode penelitian, kids athletics
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 24 May 2022 01:17
Last Modified: 24 May 2022 01:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73140

Actions (login required)

View Item View Item