Pengembangan Model Pembelajaran Keterampilan Koping untuk Mengelola Emosi Negatif Anak Usia 4-6 Tahun.

Muthmainah, Muthmainah and Purwanta, Edi (2021) Pengembangan Model Pembelajaran Keterampilan Koping untuk Mengelola Emosi Negatif Anak Usia 4-6 Tahun. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-muthmainah-17703269004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran keterampilan koping untuk mengelola emosi negatif anak usia 4-6 tahun. Adapun ragam keterampilan koping meliputi minum air putih, mengatur nafas, bercerita pada orang lain, melakukan kegiatan yang disenangi, membayangkan hal yang menyenangkan, memeluk, meninggalkan sejenak tempat atau orang yang menimbulkan emosi negatif, serta berani berkata “tidak, atau jangan, atau hentikan.” Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada langkah- langkah desain pembelajaran ADDIE. Subjek penelitian ini adalah ahli model pembelajaran, ahli materi, ahli media, anak TK berusia 4-6 tahun, dan guru TK di wilayah DIY yang ditentukan dengan teknik cluster proporsional random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket, skala penilaian panduan (model, isi/materi dan media), skala keterampilan koping anak, wawancara, focus group discussion (FGD), observasi, serta dokumentasi. Instrumen pengumpulan data meliputi angket, skala, pedoman wawancara, lembar observasi, dan pedoman dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) MPK2A meliputi sintaks yaitu rasional strategi, identifikasi emosi anak, latihan dan praktik, penugasan, dan pembiasaan. Model ini didukung sistem sosial yaitu kepala sekolah, guru, dan orang tua, dengan prinsip reaksi guru sebagai model, fasilitator, motivator, edukator, konsultan, dan evaluator. Untuk sistem pendukung meliputi perangkat pembelajaran, media komunikasi orang tua-guru, pelatihan guru dan orang tua, serta ruang katarsis. Dampak instruksional yaitu peningkatan koping positif pada anak, serta dampak pengiring yaitu pengembangan aspek anak lainnya dan pembelajaran yang menyenangkan; 2) MPK2A yang dikembangkan memenuhi kriteria layak dilihat dari model, materi, dan media; dan 3) MPK2A terbukti efektif untuk mengelola emosi negatif anak usia 4-6 tahun dengan hasil uji Wilcoxon Signed Ranks dengan nilai (Sig.) 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: anak usia 4-6 tahun, keterampilan koping, model pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 May 2022 04:32
Last Modified: 30 May 2022 03:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73133

Actions (login required)

View Item View Item