Pengaruh Motivasi Kerja, Pengalaman Praktik Kerja Industri, Bimbingan Karir, dan Ekspektasi Kerja Siswa terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII SMK Program Keahlian Teknik Otomotif di Pulau Lombok.

Anshori, Furqon and Soenarto, Soenarto (2021) Pengaruh Motivasi Kerja, Pengalaman Praktik Kerja Industri, Bimbingan Karir, dan Ekspektasi Kerja Siswa terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII SMK Program Keahlian Teknik Otomotif di Pulau Lombok. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-furqon anshori-16702251044.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis; 1) besarnya pengaruh Motivasi Kerja terhadap kesiapan kerja, 2) besarnya pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industriterhadap kesiapan kerja, 3) besarnya pengaruh Bimbingan Karir terhadap kesiapan kerja, 4) besarnya pengaruh ekspektasi siswa terhadap kesiapan kerja, dan 5) besarnya pengaruh motivasi kerja, pengalaman praktik kerja industri, Bimbingan Karir dan Ekspektasi Kerja siswa terhadap Kesiapan Kerja siswa kelas XII program keahlian teknik otomotif SMK Negeri di Lombok. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan expost facto. Penelitian dilakukan di SMK Negeri di Pulau Lombok pada Program Studi Otomotif Kelas XII. Jumlah total siswa kelas XII SMK program keahlian teknik otomotif berjumlah 531 siswa dari 5 sekolah. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling yang kemudian menentukan kembali sampel dari tiap-tiap SMK dengan Proportionate Stratified Random Sampling dengan jumlah sempel sebanyak 228 siswa. Besarnya sampel pada penelitian ini ditentukan dengan menggunakan perhitungan rumus Slovin. Jumlah minimal sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah 228 responden. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuisioner). Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan korelasi product moment dari Karl Pearson. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini dapat diambil beberapa kesimpulan sesuai rumusan masalah sebagai berikut ini; 1) Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara Motivasi Kerja terhadap kesiapan kerja, dan variabel Kesiapan Kerja dipengaruhi oleh variabel praktik kerja industry sebesar 15,4%. 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Pengalaman Praktik Kerja Industriterhadap kesiapan kerja, dan variabel Kesiapan Kerja dipengaruhi oleh variabel pengalaman praktik kerja industry sebesar 8,7%. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Bimbingan Karir terhadap kesiapan kerja, Bimbingan Karir berpenaruh terhadap variabel Kesiapan Kerja sebesar 28,1%. 4) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Ekspektasi Kerja terhadap kesiapan kerja, variabel Kesiapan Kerja dipengaruhi oleh variabel Ekspektasi Kerja sebesar 13,8%. 5) Terdapat pengaruh yang signifikan pada variabel motivasi kerja, pengalaman praktik industry, bimingan karir, dan Ekspektasi Kerja terhadap kesiapan kerja. adapaun besar pengaruh variabel bebas yaitu motivasi kerja, pengalaman praktik industry, bimingan karir, dan Ekspektasi Kerja mempengaruhi variabel terikat Kesiapan Kerja sebesar 39,1%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: motivasi kerja, pengalaman praktik kerja industri, bimbingan karir, Ekspektasi Kerja siswa, kesiapan kerja.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 May 2022 07:37
Last Modified: 23 May 2022 07:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73130

Actions (login required)

View Item View Item