Windarta, Muchtar Agus Tri and Soenarto, Soenarto (2021) Evaluasi Sarana dan Prasarana Laboratorium SMK Program Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) di DIY. S2 thesis, Program Pascasarjana.
Text
tesis-muchtar agus tri windarta-19702251017.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) kelengkapan sarana laboratorium, (2) kelengkapan prasarana laboratorium SMK Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) di DIY yang ditinjau terhadap norma dan standar laboratorium SMK Direktorat SMK, dan (3) kualitas pengelolaan laboratorium mengacu pada indikator-indikator menciptakan laboratorium yang baik menurut Direktorat Pembinaan SMK. Penelitian ini termasuk jenis penelitian evaluasi program dengan pendekatan kuantitatif. Model discrepancy digunakan untuk menggambarkan kesenjangan sarana dan prasarana laboratorium antara keadaan real dan kriteria. Model goal free evaluation digunakan menggambarkan kualitas pengelolaan laboratorium sesuai dengan kriteria indikator. Populasi pada penelitian ini yaitu SMK Program Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di DIY. Objek penelitian yaitu laboratorium SMK Program Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di DIY, sedangkan responden pada penelitian ini adalah guru produktif dan peserta didik kelas XII yang merupakan pengguna langsung laboratorium. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kelengkapan prasarana laboratorium SMK pada kompetensi keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) di DIY sebesar 60,8%; (2) Kelengkapan sarana laboratorium DPIB pada area ruang desain masinal dan komputer sebesar 83,68%, area ruang pembuatan maket/model bangunan sebesar 57,98%, dan area ruang instruktur dan penyimpanan sebesar 83,33%; (3) Penerapan pengelolaan laboratorium berdasarkan Direktorat PSMK telah tercukupi walaupun ada beberapa yang harus lebih baik lagi seperti kebersihan, perlengkapan K3, dan pembiasaan penerapan K3.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | evaluasi, laboratorium, sarana dan prasarana, sekolah menengah kejuruan |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 23 May 2022 07:00 |
Last Modified: | 23 May 2022 07:00 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73127 |
Actions (login required)
View Item |