Relevansi Employability Skills Siswa SMK Kompetensi Keahlian Konstruksi Gedung Sanitasi dan Perawatan (KGSP) di DIY terhadap Dunia Kerja Industri Jasa Konstruksi.

Utami, Susmita and Widarto, Widarto (2021) Relevansi Employability Skills Siswa SMK Kompetensi Keahlian Konstruksi Gedung Sanitasi dan Perawatan (KGSP) di DIY terhadap Dunia Kerja Industri Jasa Konstruksi. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-susmita utami-19702251015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan (1) pentingnya employability skills bagi dunia kerja industri jasa konstruksi terhadap lulusan SMK kompetensi keahlian Konstruksi Gedung Sanitasi dan Perawatan (KGSP), (2) Klasifikasi employability skills dan (3) relevansi employability skills siswa SMK kompetensi keahlian KGSP di DIY terhadap dunia kerja industri jasa konstruksi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan metode survey. Penelitian dilakukan di dunia kerja industri jasa konstruksi di DIY. Subjek penelitian adalah kepala perusahaan, project manager, engineer, surveyor dan siswa SMK kompetensi keahlian KGSP di DIY. Pengumpulan data menggunakan angket. Validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan expert judgement, validitas empiris, dan dilakukan uji reliabilitas instrumen. Teknik analisis data pada angket menggunakan statistik dekriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) employability skills sangat penting dan dibutuhkan oleh dunia kerja industri jasa konstruksi dan memperoleh persentase pencapaian 85,95% dengan kategori sangat penting dan jumlah seluruhnya terdapat 54 butir; (2) pengklasifikasian employabilit skills yang dibutuhkan dunia kerja industri jasa konstruksi terhadapa lulusan SMK terdapat 45 butir yang sesuai dengan diajarkan oleh SMK kompetensi keahlian KGSP serta terdapat 8 butir tambahan yang tidak diajarkan di SMK KGSP; (3) tingkat relevansi employability skills siswa SMK terhadap dunia kerja industri jasa konstruksi memperoleh persentase pencapaian 83,3% dengan kategori sangat relevan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: employability skills, industri jasa konstruksi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 May 2022 04:55
Last Modified: 23 May 2022 04:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73123

Actions (login required)

View Item View Item