Dampak (Outcomes) Lulusan SMK Negeri Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jaya, Daniel Jesayanto and Sudira, Putu (2021) Dampak (Outcomes) Lulusan SMK Negeri Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-daniel jesayanto jaya-19702251009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) upaya yang dilakukan lulusan SMK Negeri (SMKN) Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) untuk mempercepat memperoleh pekerjaan pertama sesuai latar belakang pendidikan, (2) faktor yang mempengaruhi lulusan untuk bekerja melanjutkan pendidikan dan berwirausaha, (3) rerata masa tunggu lulusan, (4) rerata gaji pertama lulusan, (5) kelancaran pengembangan karir lulusan, (6) pemberian previlege dari instansi tempat bekerja lulusan, (7) prosentase lulusan SMKN Kompetensi Keahlian DPIB melanjutkan pendidikan, (8) prosentase lulusan SMKN Kompetensi Keahlian DPIB berwirausaha, (9) Hasil UKK lulusan SMKN Kompetensi Keahlian DPIB, (10) Program Bimbingan Karir yang disediakan SMKN. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Data diperoleh melalui survei angket dan dokumen. Populasi penelitian dan unit analisisnya adalah SMKN Kompetensi Keahlian DPIB di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta beserta lulusannya. Sampel penelitian ditentukan secara purposive, yaitu SMK Negeri 2 Kota Yogyakarta, SMK Negeri 2 Depok, SMK Negeri 2 Pengasih, SMK Negeri 1 Sedayu, dan SMK Negeri 2 Wonosari. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumen. Validitas instrumen menggunakan validitas isi berdasarkan penilaian ahli. Analisis data menggunakan statistik dekriptif dan disajikan dalam bentuk grafik serta tabel data. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Sebanyak 47,222% responden lulusan SMKN memperoleh pekerjaan melalui program magang di perusahaan, selebihnya melakukan pelatihan tertentu, mencariinformasidarikenalan,situs, dan media sosial, (2) faktor utama yang mempengaruhi lulusan SMKN Kompetensi Keahlian DPIB memutuskan bekerja, melanjutkan pendidikan dan berwirausaha adalah diri sendiri, (3) rerata masa tunggu lulusan SMKN Kompetensi Keahlian DPIB adalah < 6 bulan, (4) rerata gaji pertama lulusan SMKN Kompetensi Keahlian DPIB adalah Rp. 1.000.000 – Rp. 2.000.000, (5) kelancaran pengembangan karir lulusan SMKN Kompetensi Keahlian DPIB dipengaruhi oleh kesulitan beradaptasi, masa kerja lulusan, dan pendapatan terkini, (6) pemberian previlige kepada lulusan SMKN Kompetensi Keahlian DPIB berupa perlakuan penempatan, pelatihan pengenalan organisasi, perbedaan penggajian dan pemberian insentif, (7) prosentase keterserapan lulusan SMKN Kompetensi Keahlian DPIB di DIY di tahun 2019 yaitu bekerja 51,656%, melanjutkan 14,57%, berwirausaha 3,974%, tidak bekerja 1,325%, tidak terlacak 11,589%, dan lain-lain 15,887%, (8) berdasarkan hasil UKK diketahui persebaran nilai UKK di SMKN 2 Depok yang paling homogen, dan SMKN 2 Wonosari yang paling heterogen, (9) Pelaksanaan program bimbingan karir yang disediakan SMKN meliputi pelatihan kepemimpinan, soft skill, aplikasi komputer dan keterampilan kerja.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: dampak, desain pemodelan dan informasi bangunan, wirausaha.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 May 2022 04:11
Last Modified: 23 May 2022 04:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73120

Actions (login required)

View Item View Item