Ishak, Sri Astika and Sukardi, Sukardi (2021) Rancangan Kurikulum Program Studi Pendidikan Vokasional D4 di Universitas Halu Oleo. S2 thesis, Program Pascasarjana.
Text
tesis-sri astika ishak-18702251002.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan suatu rancangan kurikulum pendidikan vokasional pada bidang elektro yang mampu mengakomodasi tuntutan Revolusi Industri 4.0 yang dikembangkan dan disesuaikan terhadap kompetensi yang perlu dikembangkan,(2) mendeskripsikan kesiapan institusi dari segi sarana dan prasarana juga kriteria tenaga pendidik, (3) mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung dalam pengembangan kurikulum pendidikan vokasional D4 bidang elektro. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4-D dari Thiagarajan. Penelitian ini berusaha untuk mengungkap model rancangan kurikulum pendidikan vokasionala D4.metode penelitian pengembangan yang digunakan dilengkapi dengan menggunakan mix method yaitu data deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, observasi dan lembar angket pada dosen dan mahasiswa. Penelitian dilaksanakan pada program studi D3 bidang elektro Universitas Haluoleo. Uji validitas menggunakan expert judgment dan reliabitas instrumen menggunakan uji Kinder- runder dengan nilai reliabel > 0,6. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa model rancangan kurikulum program studi D4 pendidikan vokasional bidang elektro dianalisis menggunakan teori pengembangan 4D, adapun komponen kurikulum yang dikembangkan adalah komponen tujuan,isi, metode, evaluasi dan kompetensi yang perlu dikembangka. Pengembangan tujuan dengan merumuskan visi, misi dan tujuan yang memuat aspek employality skill. Pengembangan isi merumuskan apsek C4 (critical thingking, communication, collaboration, and creative. Metode untuk menerapkan kurikulum pendidikan vokasional yang mampu mengakomodasi tuntutan revolusi industri 4.0 itu adalah dengan integrasi 4 aspek empolyabilty skill sebagai karakter kerja yang dibutuhkan kedalam mata pelajaran, dan kegiatan peserta didik dalam praktek ataupun teori.Terkait dengan sumber daya sarana prasarana digital program studi, 70,5 % dalam kategori cukup baik dalam pembelajaran namun akses jaringan internet masih perlu ditingkatkan, adanya efektivitas pengembangan kompetensi yang perlu dikembangkan iii dan dibutuhkan dalam pencapaian kompetensi lulusan yang mampu mengakomodasi tuntutan Revolusi Industri 4.0 dalam pengembangan program studi D4 bidang elektro, adanya inovasi pembelajaran, dan perlunya peran kesiapan tenaga pendidik yang lebih memadai. Hambatan yang dialami lebih kepada hambatan ketersediaan jaringan of things ini masih sangat kurang dan terbatas sehingga membuat proses penggunaannya dalam pembelajaran digital terhambat, sedangkan untuk faktor pendukung yaitu adanya upaya tenaga pendidik dalam pembelajaran dengan banyak melakukan strategi pembelajaran untuk mengembangkan softskill/ employability skill mahasiswa.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | desain kurikulum, pendidikan vokasional D4 |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 23 May 2022 03:45 |
Last Modified: | 23 May 2022 03:45 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73119 |
Actions (login required)
View Item |