Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah terhadap Kepuasan Kerja, Motivasi Kerja, dan Kinerja Guru SMK Negeri Kelompok Pariwisata di Yogyakarta.

Wijayanti, Nur Aulia and Pardjono, Pardjono (2021) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah terhadap Kepuasan Kerja, Motivasi Kerja, dan Kinerja Guru SMK Negeri Kelompok Pariwisata di Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-nur aulia wijayanti-19702251022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) pengaruh kepemimpinan terhadap budaya sekolah, kepuasan kerja guru, motivasi kerja guru, dan kinerja guru; (2) pengaruh budaya sekolah terhadap kepuasan kerja guru, motivasi kerja guru, dan kinerja guru; (3) peranan kepuasan kerja dalam memediasi antara budaya sekolah dan kinerja guru; (4) peranan motivasi kerja dalam memediasi antara budaya sekolah dan kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei eksplanatori dengan teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Penelitian di lakukaan pada Juli-Agustus 2019. Populasi penelitian ini tenaga akademik/guru SMK negeri pariwisata di Yogyakarta sebanyak 485 orang, sedangkan sampel yang digunakan adalah 234 orang tenaga akademik/guru SMK negeri pariwisata di Yogyakarta, yang ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Terdapat pengaruh kepemimpinan terhadap budaya sekolah, dengan probabilitas sebesar 0,002. (2) Terdapat pengaruh kepemimpinan terhadap kepuasan kerja, dengan nilai probabilitas sebesar 0,028. (3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan kepemimpinan terhadap motivasi kerja, dengan nilai probabilitas sebesar 0,105. Terdapat pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja, dengan nilai probabilitas sebesar 0,776. (5) Terdapat pengaruh yang signifikan budaya sekolah terhadap kepuasan kerja, dengan probabilitas sebesar 0,042. (6) Terdapat pengaruh yang signifikan budaya sekolah terhadap motivasi kerja, dengan nilai probabilitas sebesar 0,776. (7) Tidak ada pengaruh yang signifikan budaya sekolah terhadap kinerja, dengan nilai probabilitas sebesar 0,188. (8) Motivasi kerja secara langsung tidak memediasi hubungan antara budaya sekolah dan kinerja. (9) Motivasi kerja secara langsung memediasi hubungan antara pengaruh budaya sekolah dan kinerja.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: budaya sekolah, kepemimpinan, kepuasan kerja, kinerja guru, motivasi kerja
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 May 2022 03:36
Last Modified: 23 May 2022 03:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73118

Actions (login required)

View Item View Item