Analisis Kebijakan Pemerintah Tentang Penyediaan Fasilitas Olahraga di Kabupaten Purworejo (Analisis Tentang Perencanaan, Ketersediaan, Pemanfaatan, dan Pengelolaan Fasilitas Olahraga)

Pambagyo, Darma (2022) Analisis Kebijakan Pemerintah Tentang Penyediaan Fasilitas Olahraga di Kabupaten Purworejo (Analisis Tentang Perencanaan, Ketersediaan, Pemanfaatan, dan Pengelolaan Fasilitas Olahraga). S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_darma pambagyo_20711251038.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kebijakan pemerintah tentang penyediaan fasilitas olahraga merupakan komponen penting dalam peningkatan prestasi olahraga dan minat masyarakat terhadap olahraga. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui perencanaan, ketersediaan, pemanfaatan dan pengelolaan fasilitas olahraga oleh Pemerintah Kabupaten Purworejo. (2) Mengetahui bentuk, landasan, arah dan substansi kebijakan penyediaan fasilitas olahraga oleh Pemerintah Kabupaten Purworejo. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Purworejo. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data berupa dokumen-dokumen peraturan daerah tentang olahraga dan informan dengan teknik snowball sampling. Data dikumpulkan dengan: (1) mengkaji dokumen dan arsip, (2) wawancara mendalam, dan (3) observasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan, sehingga secara langsung penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa kebijakan dalam (1) Perencanaan penyediaan fasilitas olahraga di Kabupaten Purworejo sudah terprogram dengan baik, namun dalam pelaksanaanya belum semua dapat terealisasi. (2) Ketersediaan fasilitas olahraga di Kabupaten Purworejo belum memadai baik secara kualitas maupun kuantitas, ketersediaan fasilitas belum merata pada semua cabang olahraga. (3) Pemanfaatan fasilitas yang tersedia belum maksimal seringkali dipakai untuk kepentingan selain olahraga. (4) Pengelolaan fasilitas olahraga sudah dijalankan dengan baik, namun dari segi pemeliharaan harus lebih ditingkatkan lagi. Bentuk, landasan, arah dan substansi kebijakan penyediaan fasilitas olahraga oleh Pemerintah Kabupaten Purworejo sudah cukup baik namun belum menjadi prioritas utama.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: analisis, kebijakan pemerintah, fasilitas olahraga
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 20 May 2022 06:24
Last Modified: 20 May 2022 06:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73104

Actions (login required)

View Item View Item