Gusdernawati, Aulia (2022) Pengembangan Sistem Pertandingan Tenis Meja Berbasis Digital. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.
|
Text
fulltext_aulia gusdernawati_20711251019.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan sistem pertandingan tenis meja berbasis digital, (2) Mengetahui kelayakan penerapan sistem pertandingan tenis meja berbasis digital, dan (3) Mengetahui keefektifan waktu dari sistem pertandingan yang dikembangkan dalam pelaksanaan pertandingan tenis meja. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pendekatan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan 1974 dengan langkah penelitian terdiri dari: (1) Defining, (2) Designing, (3) Developing, (4) Disseminating. Validasi produk dilakukan oleh satu orang ahli materi, satu orang ahli praktisi, dan tiga orang ahli tenis meja. Pada uji skala kecil terlebih dilakukan oleh wasit tenis meja yang telah memiliki lisensi di Daerah Istimewa Yogyakarta berjumlah 5 orang wasit. Sedangkan subjek penelitian pada skala besar yaitu 10 orang wasit tenis meja dan subjek untuk uji efektivitas sistem pertandingan berbasis digital berjumlah 5 orang wasit. Analisis data menggunakan uji validitas menggunakan rumus pearson correlation dan reliabilitas menggunakan perhitungan alpha cronbach, sedangkan untuk menguji efektivitas sistem pertandingan berbasis digital menggunakan uji paired sample t-test. Sebelum dilakukan pengujian menggunakan uji paired sample t-test, terlebih dahulu melakukan uji prasyarat dan homogenitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Produk yang dihasilkan sistem pertandingan tenis meja berbasis digital (2) Tingkat kelayakan produk berdasarkan penilaian ahli materi dengan kategori “Sangat Layak”. Validasi ahli praktisi mendapat penilaian dengan kategori “Sangat Layak”. dan Validasi tenis meja dengan tiga orang ahli mendapat penilaian dengan kategori “Sangat Layak”. Produk ini melalui tahap uji coba skala kecil dengan kategori “Sangat Layak”. Dan tahap uji coba skala besar, produk ini mendapatkan hasil dengan kategori “Sangat Layak”. (3) Uji efektifitas berdasarkan uji Paired Sample T Test diketahui nilai t-hitung untuk waktu yang dibutuhkan dalam membuat sistem pertandingan secara manual dan menggunakan sistem pertandingan berbasis digital adalah -41,71 dengan probabilitas Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan dari pembuatan jadwal pertandingan secara manual dan menggunakan digital. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan sistem pertandingan tenis meja berbasis digital memberikan efektifitas dalam efesiensi waktu terhadap penyusunan jadwal serta hasil pertandingan tenis meja.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing: Dr. Widiyanto, M.Kes. |
Uncontrolled Keywords: | sistem pertandingan, tenis meja, digital |
Subjects: | Olahraga |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan |
Depositing User: | Perpustakaan FIK |
Date Deposited: | 20 May 2022 06:14 |
Last Modified: | 20 May 2022 06:14 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73103 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |