Pemanfaatan Augmented Reality pada Pembelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan.

Ernawati, Enik and Triyono, Bruri (2021) Pemanfaatan Augmented Reality pada Pembelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-enik ernawati-19702251012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) kepuasan pengguna dan (2) pemahaman pengguna terhadap pemanfaatan Augmented Reality pada pembelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung (KUG) Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di empat SMK yang memiliki Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di Yogyakarta. Pengumpulan data melalui kuesioner dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi dan lembar angket. Validitas instrumen menggunakan expert judgement lalu diujicobakan pada 30 siswa, rumus yang digunakan teknik korelasi Pearson Product Moment. Hasil uji validitas instrumen penelitian menunjukkan terdapat 27 butir pernyataan yang valid, dengan nilai r tabel ≥ 0,361. Reliabilitas instrumen menggunakan rumus Cronbach Alpha. Hasil uji reliabilitas instrumen yang valid didapatkan nilai Cronbach Alpha = 0,961≥ 0,6 (reliabilitas instrumen termasuk kategori tinggi). Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Kepuasan pengguna terhadap Augmented Reality pada pembelajaran KUG Program Keahlian DPIB, responden siswa dan guru SMK di Yogyakarta menyatakan puas terhadap Pemanfaatan Augmented Reality pada pembelajaran KUG memberikan sumbangan pada pembelajaran kejuruan dengan persentase kepuasan sebesar 77,60% (kategori baik). (2) Pemahaman pengguna terhadap pemanfaatan Augmented Reality pada pembelajaran KUG Program Keahlian DPIB ditinjau dari tiga dimensi: dimensi kegunaan, kemudahan penggunaan, dan kemudahan belajar, yang memperoleh persentase pemahaman pengguna terhadap pemanfaatan Augmented Reality sebesar 78,62% (kategori baik). Pada dimensi kegunaan, responden menyatakan bahwa kegunaan Augmented Reality pada pembelajaran KUG termasuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 79,33%. Pada dimensi kemudahan penggunaan, responden menyatakan bahwa kemudahan penggunaan aplikasi Augmented Reality pada pembelajaran KUG termasuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 77,25%. Pada dimensi kemudahan belajar, responden menyatakan bahwa kemudahan belajar dengan aplikasi Augmented Reality pada pembelajaran KUG termasuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 81,32%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, kepuasan pengguna, pemahaman pengguna
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 May 2022 07:02
Last Modified: 20 May 2022 07:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73095

Actions (login required)

View Item View Item