Model Aktivitas Jasmani Tematik Integratif Berbasis Permainan Untuk Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal dan Keterampilan Gerak Dasar Manipulatif Bagi Siswa Taman Kanak-Kanak

Cakrawati, Dewi Kiani (2022) Model Aktivitas Jasmani Tematik Integratif Berbasis Permainan Untuk Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal dan Keterampilan Gerak Dasar Manipulatif Bagi Siswa Taman Kanak-Kanak. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_dewi kiani cakrawati_20733251005.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistematika model aktivitas jasmani tematik integratif berbasis permainan dan menghasilkan sebuah produk dalam bentuk buku panduan untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal dan keterampilan gerak dasar manipulatif siswa taman kanak-kanak serta mengetahui kelayakan dan keefektifan model aktivitas jasmani tematik integratif berbasis permainan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Borg & Gall yang meliputi sepuluh tahapan, yaitu pengumpulan informasi, analisis informasi, pengembangan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba awal (uji coba produk kelompok kecil), revisi produk awal, uji coba lapangan utama (uji coba kelompok besar), uji coba produk operasional (uji efektivitas), pembuatan produk akhir serta desiminasi dan implementasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik TK di Kecamatan Cilacap Tengah Kabupaten Cilacap. Uji coba yang dilakukan meliputi dua tahapan yaitu uji coba skala kecil yang dilakukan terhadap 10 peserta didik dan uji coba skala besar yang dilakukan terhadap 20 peserta didik serta pada uji efektivitas dilakukan dengan 10 peserta didik. Hasil penilaian dari ahli materi dan praktisi dianalisis menggunakan Content Validity Ratio (CVR) dan didapatkan tingkat validitas permainan bertema hewan 0,91, permainan bertema tanaman 0,92, permainan bertema kendaraan 0,91 berada pada rentang 0,80-1,00 dan menunjukkan tingkat validitas yang tinggi, maka model aktivitas jasmani tematik integratif berbasis permainan layak digunakan. Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh hasil kecerdasan interpersonal sebesar 3,03 dengan kategori “Baik” sedangkan keterampilan gerak dasar manipulatif sebesar 13,3 dengan kategori “Rata-Rata”. Hasil uji coba kelompok besar diperoleh hasil kecerdasan interpersonal masing-masing TK sebesar 3,11 dan 3,12 dengan kategori “Baik” sedangkan keterampilan gerak dasar manipulatif masing-masing TK sebesar 15 dengan kriteria “Tinggi”. Hasil uji efektivitas dihitung menggunakan paired sample t test dan didapatkan hasil bahwa nilai signifikansi kecerdasan interpersonal dan keterampilan gerak dasar manipulatif masing-masing 0,016 dan 0,010 lebih kecil dari 0,05, maka adanya pengaruh yang signifikan dari model aktivitas jasmani tematik integratif berbasis permainan terhadap kecerdasan interpersonal dan keterampilan gerak dasar manipulatif peserta didik TK, maka model aktivitas jasmani tematik integratif berbasis permainan efektif digunakan untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal dan keterampilan gerak dasar manipulatif peserta didik taman kanak-kanak.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Yudanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: aktivitas jasmani, tematik integratif, permainan, kecerdasan interpersonal, keterampilan gerak dasar manipulatif
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 20 May 2022 02:51
Last Modified: 20 May 2022 02:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73094

Actions (login required)

View Item View Item