Hubungan Kebugaran Jasmani, Motivasi Belajar, Kecerdasan Intelektual dan Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Peserta Didik Kelas Khusus Olahraga Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Daerah Istimewa Yogyakarta

Utomo, Suryo (2022) Hubungan Kebugaran Jasmani, Motivasi Belajar, Kecerdasan Intelektual dan Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Peserta Didik Kelas Khusus Olahraga Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Daerah Istimewa Yogyakarta. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_suryo utomo_20733251002.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara 1) Kebugaran Jasmani dengan Hasil Belajar Penjas, 2) Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Penjas, 3) Kecerdasan Intelektual dengan Hasil Belajar Penjas, 4) Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Penjas, 5) Kebugaran Jasmani, Motivasi Belajar, Kecerdasan Intelektual, Kebiasaan Belajar secara bersama-sama dengan Hasil Belajar Penjas. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas khusus olahraga sekolah menengah atas negeri se-DIY yang berjumlah 233 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan Proporsional Random Sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan pengukuran. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa 1) ada hubungan yang signifikan antara Kebugaran Jasmani dengan Hasil Belajar Penjas, dengan nilai sig 0,000 dan korelasi 0,738 > 0,128, 2) ada hubungan yang signifikan antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Penjas, dengan nilai sig 0,000 dan korelasi 0,746 > 0,128, 3) ada hubungan yang signifikan antara Kecerdasan Intelektual dengan Hasil Belajar Penjas, dengan nilai sig 0,000 dan korelasi 0,440 > 0,128, 4) ada hubungan yang signifikan antara Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Penjas, dengan nilai sig 0,000 dan korelasi 0,682 > 0,128, 5) ada hubungan yang signifikan antara Kebugaran Jasmani, Motivasi Belajar, Kecerdasan Intelektual, Kebiasaan Belajar secara bersama-sama dengan Hasil Belajar Penjas, dengan nilai F hitung 158,968> F tabel 2,37 dan sig 0,000<0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Komarudin, M.A.
Uncontrolled Keywords: kebugaran jasmani, motivasi belajar, kecerdasan intelektual, kebiasaan belajar, hasil belajar, pendidikan jasmani
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 20 May 2022 02:35
Last Modified: 20 May 2022 02:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73089

Actions (login required)

View Item View Item