Pengembangan Tes Keterampilan Bermain Futsal Usia 16-19 Tahun

Khurrohman, Moch Fath (2022) Pengembangan Tes Keterampilan Bermain Futsal Usia 16-19 Tahun. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_moch fath khurrohman_20733251012.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan tes keterampilan bermain futsal untuk pemain usia 16-19 tahun berdasarkan validitas isi dan validitas empirik yang dilakukan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD) melalui 7 tahapan penelitian; (1) Research and information collecting, (2) Planning, (3) Develop prelimenary form of product, (4) Main product revision, (5) Main field testing, (6) Final product revision, (7) Dissemination dan implementation. Subjek penelitian yang digunakan berjumlah 12 sampel untuk skala kecil, dan 40 sampel untuk skala besar. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan penilaian dari para ahli yaitu ahli futsal, tes pengukuran, pertumbuhan perkembangan anak, dan media menunjukkan bahwa tes yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai alat ukur keterampilan bermain futsal. Berdasarkan hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan nilai validitas isi sebesar 0.83, validitas empirik 0.901, dan reliabilitas sebesar 0.888. Hasil tersebut menunjukkan bahwa instrumen yang dikembangkan telah memenuhi syarat sebagai alat ukur dan dapat diterapkan untuk mengukur keterampilan bermain futsal pemain usia 16-19 tahun.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Sugeng Purwanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pengembangan, instrumen tes, futsal, keterampilan bermain futsal
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 19 May 2022 07:22
Last Modified: 19 May 2022 07:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73088

Actions (login required)

View Item View Item