Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri, Hasil Belajar Mata Pelajaran Otomotif dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Di Kota Yogyakarta tahun pelajaran 2020/2021.

Supriyanto, Sidiq and Munadi, Sudji (2021) Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri, Hasil Belajar Mata Pelajaran Otomotif dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Di Kota Yogyakarta tahun pelajaran 2020/2021. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-sidiq supriyanto-19702251003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) pengaruh pengalaman praktik kerja industri, (2) pengaruh hasil belajar matapelajaran otomotif, (3) pengaruh motivasi memasuki dunia kerja, dan (4) pengaruh pengalaman praktik kerja industri, hasil belajar mata pelajaran otomotif, dan motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja siswa kelas XI kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan SMK di Kota Yogyakarta tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK negeri dan swasta yang ada di kota Yogyakarta. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dan didapatkan sampel sebanyak 150 siswa. Pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Validitas instrumen diketahui berdasarkan korelasi produk momen, dan reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Croanbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, regresi sederhana, dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja, yang ditunjukkan nilairX1Y=0,965. (2) Terdapat pengaruh hasil belajar matapelajaran otomotif terhadap kesiapan kerja, yang ditunjukkan nilai rX2Y=0,542. (3) Terdapat pengaruh motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja, yang ditunjukkan nilai rX1Y= 0,959. (4) Terdapat pengaruh pengalaman praktik kerja industri, hasil belajar mata pelajaran otomotif dan motivasi memasuki dunia kerja secara bersama sama terhadap kesiapan kerja siswa, yang ditunjukkan nilai R X1 X2 X3 = 0,977.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengalaman Praktik Kerja Industri, Hasil belajar matapelajaran Otomotif, Motivasi Memasuki Dunia Kerja, Kesiapan Kerja.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 May 2022 07:53
Last Modified: 19 May 2022 07:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73087

Actions (login required)

View Item View Item