Model Pengembangan Kompetensi Calon Guru Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif Sekolah Menengah Kejuruan.

Wahyudi, Kurniawan Sigit and Arifin, Zainal (2021) Model Pengembangan Kompetensi Calon Guru Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif Sekolah Menengah Kejuruan. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-kurniawan sigit wahyudi-19702251010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendapatkan profil kompetensi guru Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif Sekolah Menengah Kejuruan (KKTKRO SMK), hasil penyiapan calon guru KKTKRO SMK pada Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, model pengembangan kompetensi calon guru KKTKRO SMK, dan kelayakan model Penelitian ini dilaksanakan dengan model penelitian dan pengembangan Richey dan Klein dengan tahapan pengembangan model dan validasi model. Penelitian ini dilaksanakan di enam Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif Sekolah Menengah Kejuruan di Yogyakarta dan Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, FT UNY. Responden terdiri dari 95 mahasiswa, tiga dosen otomotif, empat pakar pendidikan vokasional, 54 guru profesional, dan lima praktisi industri. Pengumpulan data melalui instrumen angket dan lembar telaah dokumen. Validitas menggunakan expert judgement dan validitas konstruk dan Reabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Koefisien validitas instrumen penelitian diperoleh antara 0.385 sampai 0.895, sedangkan Koefisien reabilitas instrument penelitian diperoleh antara 0.888 sampai 0.985. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa profil kompetensi guru KKTKRO SMK terdiri dari kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial; penyiapan calon guru pada Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif dinilai baik, namun belum memenuhi benchmark kompetensi pada standar guru KKTKRO SMK; model pengembangan kompetensi calon guru KKTKRO SMK yang terpadu dan terintegrasi antara LPTK, DUDI, dan SMK berupa pelaksanaan pembelajaran mikro selama satu semester, praktik industri selama tiga bulan, dan praktik kependidikan selama tiga bulan, pemantapan kompetensi, bimbingan, pelatihan, waktu pelaksanaan, serta adanya keterkaitan pengembangan di LPTK, DUDI, dan SMK; dan model ini oleh validator internal dan validator eksternal dinilai sangat baik. Hal tersebut menunjukkan model ini layak dan dapat digunakan di lapangan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: guru, pendidikan vokasional, teknik kendaraan ringan otomotif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 May 2022 06:41
Last Modified: 19 May 2022 06:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73085

Actions (login required)

View Item View Item