Pengembangan E-Module Pembuatan Bustier Sistem Hosanna Moda Berbasis Edmodo sebagai Upaya Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar.

Choiruninisya, Lestari Rochmatun and Sudira, Putu (2021) Pengembangan E-Module Pembuatan Bustier Sistem Hosanna Moda Berbasis Edmodo sebagai Upaya Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-lestari rochmatun choirunnisya-19702251023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Kemajuan inovasi media pembelajaran saat ini sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di bidang pendidikan. Penelitian ini mengeksplorasi pengembangan E-Module pembuatan Bustier sistem Hosanna Moda untuk pembelajaran pembuatan busana custom made. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan E-Module berbasis Edmodo pembuatan Bustier sistem Hosanna Moda untuk meningkatkan kemandirian dan pencapaian hasil belajar busana custom made, (2) mendeskripsikan kelayakan E- Module yang dikembangkan, dan (3) mengungkapkan efektivitas E-Module yang dikembangkan dalam meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada Borg & Gall (1983) dengan enam tahapan, yaitu: 1) pengumpulan data, 2) perencanaan, 3) penyusunan dan pengembangan produk, 4) uji kelayakan, 5) uji efektivitas, dan 6) produk akhir. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XII SMK Negeri 3 Magelang program keahlian tata busana. Uji coba produk terdiri atas tiga tahap, yaitu uji validitas oleh ahli, uji coba skala kecil dan besar, serta uji efektivitas. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan tes serta melalui wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu deskripsi kuantitatif dan uji efektivitas dengan uji beda. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) E-module yang diperlukan oleh siswa dan guru yaitu E-Module yang berisi materi pelajaran tentang pembuatan Bustier sistem Hosanna Moda secara lengkap, mulai dari analisis desain, prosedur membuat pola, serta langkah-langkah menjahit Bustier sistem Hosanna Moda secara detail yang disertai dengan gambar-gambar relevan untuk memudahkan siswa memahaminya ketika belajar secara mandiri. Guru juga memerlukan E-Module dengan biaya yang efisien namun tetap efektif, yang dapat dimiliki setiap siswa agar dapat belajar secara mandiri dimanapun dan kapanpun. (2) Produk telah dinyatakan layak oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Pada uji coba operasional, diperoleh respon guru dengan skor rerata 5,00 (kategori sangat baik dan layak digunakan), serta respon siswa dengan skor rerata 4,59 (kategori sangat baik dan layak digunakan). (3) Hasil uji efektivitas tehadap kemandirian belajar siswa adalah nilai signifikansi sebesar 0,000 (<0,050) yang menunjukkan bahwa rerata skor kemandirian belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. (4) Hasil uji efektivitas terhadap hasil belajar siswa adalah nilai signifikansi sebesar 0,001 (<0,050) yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen jauh lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa E- Module yang dikembangkan efektif memaksimalkan kemandirian belajar dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: E-Module, kemandirian belajar, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 May 2022 06:32
Last Modified: 19 May 2022 06:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73084

Actions (login required)

View Item View Item