Pengaruh Kesiapan Fasilitas Bengkel dan Budaya Kerja 5R terhadap Soft Skills Siswa SMK Teknik Pemesinan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Saputro, Rian Dwi Aji and Sukardi, Thomas (2021) Pengaruh Kesiapan Fasilitas Bengkel dan Budaya Kerja 5R terhadap Soft Skills Siswa SMK Teknik Pemesinan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-rian dwi aji saputro-19702251016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) pengaruh kesiapan fasilitas bengkel, (2) pengaruh budaya kerja 5R, dan (3) pengaruh kesiapan fasilitas bengkel serta budaya kerja 5R terhadap soft skills siswa SMK teknik pemesinan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 486 siswa kelas XII dari enam SMK di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sampel penelitian sejumlah 219 siswa ditentukan dengan menggunakan teknik proportionale random sampling. Pengumpulan data melalui kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Kuesioner digunakan untuk mengukur tingkat kesiapan fasilitas bengkel, budaya kerja 5R, dan soft skills siswa. Kuesioner tersebut adalah kuesioner tertutup dengan Skala Likert empat pilihan jawaban. Wawancara digunakan untuk mendapatkan informasi mengenai pelaksanaan kesiapan fasilitas bengkel, penerapan budaya kerja 5R, serta soft skills siswa. Dokumentasi digunakan untuk menganalisis dokumen, gambar, arsip, dan benda tertulis yang berhubungan dengan objek penelitian. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh antara kesiapan fasilitas bengkel terhadap soft skills siswa dengan kontribusi sebesar 18,2%; (2) terdapat pengaruh antara budaya kerja 5R terhadap soft skills siswa dengan kontribusi sebesar 38,9%; (3) terdapat pengaruh secara bersama-sama antara kesiapan fasilitas bengkel dan budaya kerja 5R terhadap soft skills siswa dengan kontribusi sebesar 43,9%. Dari hasil penelitian tersebut, maka saran yang dapat diberikan adalah: (1) kesiapan fasilitas bengkel perlu dilaksanakan dengan baik agar fasilitas yang ada dapat digunakan dengan optimal; (2) budaya kerja 5R perlu dilaksanakan secara optimal agar dapat memberikan dampak baik terhadap pembentukan soft skills siswa SMK teknik pemesinan; (3) pihak sekolah perlu mengambil langkah-langkah konkrit dalam pelaksanaan kesiapan fasilitas bengkel dan penerapan budaya kerja 5R; (4) mengingat pentingnya soft skills bagi siswa SMK teknik pemesinan, pihak sekolah perlu memiliki kesadaran untuk mengembangkan sistem kesiapan fasilitas bengkel dan penerapan budaya kerja 5R.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kesiapan fasilitas bengkel, budaya kerja 5R, soft skills
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 May 2022 04:54
Last Modified: 19 May 2022 04:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73082

Actions (login required)

View Item View Item