Relevansi Kompetensi SMK Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) terhadap Kebutuhan DU/DI Jasa Konstruksi Bidang Usaha Jasa Perencanaan dan Pengawasan

Daryono, Rihab Wit and Hariyanto, V. Lilik (2021) Relevansi Kompetensi SMK Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) terhadap Kebutuhan DU/DI Jasa Konstruksi Bidang Usaha Jasa Perencanaan dan Pengawasan. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-rihab wit daryono-19702251025.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) tingkat kepentingan dari urgensi kompetensi, (2) klasifikasi kompetensi, (3) tingkat kelayakan pembelajaran, (4) tingkat penguasaan kompetensi, dan (5) tingkat relevansi kompetensi SMK kompetensi keahlian DPIB dengan kompetensi kerja yang dibutuhkan DU/DI jasa konstruksi bidang usaha jasa perencanaan dan pengawasan bidang usaha jasa perencanaan dan pengawasan. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang didukung data kualitatif menggunakan metode survey. Penelitian dilakukan di SMK kompetensi keahlian DPIB dan DU/DI jasa konstruksi bidang usaha perencanaan dan pengawasan di Provinsi Jawa Tengah. Subjek penelitian adalah kepala perusahaan, senior engineer, dan guru produktif SMK DPIB di Jawa Tengah. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Validitas instrumen menggunakan analisis faktor dengan metode Explanatory Factor Analysis (EFA), sedangkan teknik analisis data angket menggunakan statistik dekriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) urgensi kompetensi SMK kompetensi keahlian DPIB secara keseluruhan memperoleh persentase pencapaian sebesar 86,069% yang termasuk kategori sangat penting, (2) pengklasifikasian kompetensi antara kompetensi pada SMK kompetensi kelahlian DPIB terhadap kompetensi kerja yang dibutuhkan DU/DI jasa konstruksi bidang usaha perencanaan dan pengawasan terdapat 155 butir kompetensi sesuai kurikulum dan kebutuhan DU/DI jasa konstruksi bidang usaha jasa perencanaan dan pengawasan serta terdapat 26 butir kompetensi yang tidak terdapat dalam kurikulum SMK namun menjadi kebutuhan DU/DI jasa konstruksi bidang usaha jasa perencanaan dan pengawasan, (3) perolehan rata-rata data pencapaian tingkat kelayakan pembelajaran SMK DPIB sebesar 83,611% dalam kategori sangat memadai, (4) tingkat penguasaan kompetensi siswa pada SMK kompetensi keahlian DPIB sebesar 75,494% dalam kategori baik, dan (5) tingkat relevansi antara urgensi kompetensi terhadap kompetensi kerja yang dibutuhkan DU/DI jasa konstruksi bidang usaha jasa perencanaan dan pengawasan adalah 85,635% dalam kategori sangat relevan

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Urgensi Kompetensi, Kelayakan Pembelajaran, Penguasaan Kompetensi Siswa, Relevansi Kompetensi, Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB).
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 May 2022 03:17
Last Modified: 19 May 2022 03:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73080

Actions (login required)

View Item View Item