Evaluasi Pelaksanaan Program Keterampilan Kerja Berdasarkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) di Balai Latihan Kerja Sleman.

Kholil, Muhammad and Sofyan, Herminarto (2021) Evaluasi Pelaksanaan Program Keterampilan Kerja Berdasarkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) di Balai Latihan Kerja Sleman. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-muhammad kholil-18702251007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) tujuan program dan dukungan terhadap program pelatihan ditinjau dari evaluasi context; (2) kesiapan sumber daya dan kurikulum berdasarkan SKKNI pada program pelatihan ditinjau dari evaluasi input; (3) proses pembelajaran pada program pelatihan ditinjau dari evaluasi process; dan (4) penguasaan kompetensi peserta program pelatihan keterampilan kerja di BLK Sleman ditinjau dari evaluasi product. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model CIPP. Subyek dan responden penelitian terdiri dari 94 peserta pelatihan, 6 instruktur, dan 1 pimpinan lembaga di BLK Sleman. Pendekatan penelitian menggunakan metode campuran concurrent embedded yakni pendekatan kuantitatif sebagai metode utama dan dilengkapi pendekatan kualitatif sebagai pendukung. Pengumpulan data kuantitatif menggunakan angket, sedangkan data kualitatif diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif menggunakan analisis deskriptif, sedangkan analisis data kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi pada: (1) context yang ditinjau dari tujuan program dan dukungan terhadap program termasuk dalam kategori cukup; (2) input yang ditinjau dari aspek kurikulum program dan alokasi waktu tergolong baik, pada aspek kesiapan peserta pelatihan dan instruktur termasuk dalam kategori sangat baik, sedangkan pada aspek sarana dan prasarana dapat dikatakan masuk kategori cukup; (3) process yang ditinjau dari aspek interaksi instruktur dengan peserta, penggunaan waktu, pemanfaatan sarana pelatihan dan penilaian pembelajaran termasuk dalam kategori baik, sedangkan pada aspek penerapan metode pembelajaran dikategorikan sangat baik; dan (4) product ditinjau dari capaian kompetensi peserta dan manfaat yang diperoleh peserta setelah melaksanakan program pelatihan termasuk dalam kategori sangat baik. Rekomendasi terkait dengan dukungan program oleh pihak pemerintah yaitu supaya perlu memberikan prioritas lebih pada pemenuhan sarana pelatihan di BLK Sleman, dan bagi pihak BLK perlu melakukan analisis kebutuhan pelatihan termasuk sarana pelatihan sebagai langkah awal pengembangan program pelatihan yang lebih baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Program Pelatihan, Balai Latihan Kerja, SKKNI
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 May 2022 01:48
Last Modified: 19 May 2022 01:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73073

Actions (login required)

View Item View Item