Analisis Kesiapsiagaan Siswa SMP Negeri Dalam Menghadapi Bencana Alam Gempa Bumi di Daerah Rawan Bencana Kabupaten Bantul

Danangjaya, Dalu (2022) Analisis Kesiapsiagaan Siswa SMP Negeri Dalam Menghadapi Bencana Alam Gempa Bumi di Daerah Rawan Bencana Kabupaten Bantul. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_dalu danangjaya_18601241067.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian iniebertujuan untuk mengetahui: (1) Mengetahui kesiapsiagaan yang diperlukan siswa SMP di daerah rawan bencana Kabupaten Bantul dalam menghadapi bencana alam gempa bumi. (2) Memaparkan pengintegrasian kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam gempa bumi pada siswa SMP Negeri di Kabupaten Bantul pada pembelajaran pendidikan jasmani.. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Menegah Pertama Negeri di Kabupaten Bantul yang berjumlah 2962. Sedangkan sampel pada penelitian ini mmenggunakan teknik Simple Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 352 responden. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kesiapsiagaan siswa adalah kuisioner kesiapsiagaan dengan empat aspek terdiri dari sosial, psikologi, fisik, dan spiritual. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase dengan nilai reabilitas 0,923. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Kesiapsiagaan diperlukan siswa SMP untuk menghadapi bencana alam gempa bumi yaitu aspek sosial, aspek psikologi, aspek fisik, dan aspek spiritual. Aspek kesiapsiagaan sosial berada dalam kategori “sedang” dengan persentase 40,91%; kesiapsiagaan psikologi berada dalam kategori “sedang” dengan persentase 42,61%; kesiapsiagaan fisik berada dalam kategori “sedang” dengan persentase 31,25%; dan kesiapsiagaan spiritual berada dalam kategori “tinggi” dengan persentase 47,16%. (2) Pengintegrasian kesiapsiagaan dalam kurikulum PJOK dapat dilakukan dengan cara mengidentifikasi materi kesiapsiagaan menghadapi bencana alam; dan analisis kompetensi dasar yang dapat diintegrasikan dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana pada mata pelajaran PJOK.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Jaka Sunardi, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: kesiapsiagaan, pengintegrasian, pendidikan jasmani
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 May 2022 07:13
Last Modified: 18 May 2022 07:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73070

Actions (login required)

View Item View Item