Pengaruh Aktivitas Aerobik Jalan dan Senam terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Siswa Kelas X Teknik Komputer Jaringan SMK Muhammadiyah 1 Salam

Syaifulloh, Rizal Achmad (2022) Pengaruh Aktivitas Aerobik Jalan dan Senam terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Siswa Kelas X Teknik Komputer Jaringan SMK Muhammadiyah 1 Salam. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_rizal achmad syaifulloh_18601241059.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh aktivitas aerobik jalan terhadap peningkatan kebugaran jasmani, (2) mengetahui pengaruh aktivitas aerobik senam terhadap peningkatan kebugaran jasmani, (3) mengetahui perbedaan pengaruh aktivitas aerobik jalan dan senam terhadap peningkatan kebugaran jasmani. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan two groups pretest and posttest design, menggunakan dua kelompok untuk dicari perbandingannya. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 1 Salam yang berjumlah 33 siswa. Peneliti menggunakan metode purposive sampling untuk menentukan sampel yaitu sebanyak 32 siswa. Sampel dibagi secara ordinal pairing menjadi kelompok jalan dan senam. Kedua kelompok mendapat perlakuan aktivitas latihan selama 16x pertemuan dengan frekuensi 3x seminggu. Instrumen untuk mengukur tingkat kebugaran jasmani siswa menggunakan Havard Step Test. Hipotesis penelitian ini diuji menggunakan Uji Paired Sample Test dan Uji Indepentent T-test dengan bantuan aplikasi SPSS IBM 28. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada pengaruh yang signifikan aktivitas aerobik jalan terhadap kebugaran jasmani, ditunjukkan dengan |t hitung| 4.636 > t tabel 2.131, dan nilai signifikansi 0.001 < 0.05. (2) ada pengaruh yang signifikan aktivitas aerobik senam terhadap kebugaran jasmani, ditunjukkan dengan |t hitung| 7.102 > t tabel 2.131, dan nilai signifikansi 0.001 < 0.05. (3) tidak ada perbedaan yang signifikan pengaruh aktivitas aerobik jalan dan senam terhadap kebugaran jasmani, ditunjukkan dengan |t hitung| 0.957 < t tabel 2.042, dan nilai signifikansi 0.346 > 0.05, tetapi jika dilihat berdasarkan rerata peningkatan kebugarannya kelompok jalan meningkat 55% dan kelompok senam meningkat 76%.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Jaka Sunardi, M.Kes., AIFO
Uncontrolled Keywords: aerobik, jalan, senam, kebugaran jasmani
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 May 2022 04:56
Last Modified: 18 May 2022 04:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73066

Actions (login required)

View Item View Item