Pengaruh Quadratus Lumborum Trigger Point Massage Terhadap Nyeri dan Gangguan Fungsi Gerak Pada Kasus Nyeri Punggung Bawah

Saputra, Nur Lambang Rizki (2022) Pengaruh Quadratus Lumborum Trigger Point Massage Terhadap Nyeri dan Gangguan Fungsi Gerak Pada Kasus Nyeri Punggung Bawah. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_nur lambang rizki saputra_17603144023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Gangguan nyeri punggung bawah sangat sering terjadi di masyarakat sehingga memerlukan penanganan. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi teknik quadratus lumborum trigger point massage dalam mengurangi gejala nyeri dan fungsi gerak pada penderita nyeri punggung bawah. Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimen dengan model one group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini 15 orang secara dengan teknik convenience sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa numeric Rating Scale digunakan untuk mengukur intensitas nyeri, dan oswerty disability index berfungsi dalam menilai fungsi gerak. Pemberian manipulasi trigger point massage pada bagian quadratus lumborum pada 4 titik yang dilakukan mandiri oleh pasien 2 x sehari selama 1 minggu. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas dengan menggunakan uji shapiro wilk dan uji paired t-test untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata rata nyeri sebelum perlakuan adalah 4,93±1.03 menurun menjadi 2,6±1.06 (p<0.001) sehingga dapat disimpulkan metode treatment quadratus lumborum trigger point massage dapat menurunkan persepsi nyeri punggung bawah secara bermakna. Fungsi gerak mengalami peningkatan dari 8.47±5.51 sebelum perlakuan, menjadi 3.07±2.8 setelah perlakuan (p<0.001) sehingga disimpulkan metode treatment quadratus lumborum trigger point massage dapat memperbaiki fungsi gerak punggung bawah secara signifikan. Dapat disimpulkan metode triger point massage yang dilakukan secara mandiri dapat menurunkan nyeri dan memeperbaiki fungsi gerak penderita nyeri punggung bawah.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: dr. Novita Intan Arovah, MPH., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: quadratus lumborum trigger point massage, nyeri, fungsi gerak
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 May 2022 04:00
Last Modified: 18 May 2022 04:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73063

Actions (login required)

View Item View Item