Arifah, Ika Wahyu Noor and Haryanto, Haryanto (2020) Evaluasi Pelaksanaan Teaching Factory di SMK Surakarta dan Sukoharjo. S2 thesis, Program Pascasarjana.
Text
tesis-ika wahyu noor arifah-17702251024.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program Teaching Factory ditinjau dari aspek: (1) konteks, (2) input, (3) proses, dan (4) produk. Evaluasi ini menggunakan model CIPP. Pengumpulan data mengunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan jumlah responden menggunakan tabel Isaac Michael. Subjek evaluasi adalah siswa jurusan Teknik Permesinan SMK di Surakarta dan Sukoharjo dengan program Teaching Factory berjumlah 1156. Jumlah responden 270 siswa (43, SMK Muhammadiyah; 41, SMK Warga Surakarta; 94, SMK St. Mikael Surakarta; dan 92, SMK N 5 Surakarta). Data di analisis menggunakan analisis deskriptif. Uji validitas isi menggunakan Aiken’s V dengan expert judgement. Uji validitas kontruk menggunakan analisis faktor eksploratori dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cornlach. Hasil evaluasi: (1) Aspek context di SMA Surakarta dan Sukoharjo secara keseluruhan memiliki capaian sebesar 91,4% dengan kategori sangat mendukung; di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo sebesar 91,8% dengan kategori sangat mendukung; di SMK Warga Surakarta sebesar 85,8% dengan kategori sangat mendukung; di SMK St. Mikael sebesar 95% dengan kategori sangat mendukung dan di SMK N 5 Surakarta sebesar 90,5% dengan kategori sangat mendukung. (2) Aspek input keseluruhan memiliki capaian sebesar 84,3% dengan kategori sangat baik; di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo sebesar 84,9% berada di kategori sangat baik; di SMK Warga Surakarta sebesar 81,9% dengan kategori sangat baik; di SMK St. Mikael sebesar 85,5% dengan kategori sangat baik; dan di SMK N 5 Surakarta sebesar 83,8% dengan kategori sangat baik. (3) Aspek process secara keseluruhan memiliki capaian sebesar 74,6% dengan kategori baik; di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo sebesar 72,6% dengan kategori baik; di SMK Warga Surakarta sebesar 72,9% dengan kategori baik; di SMK St. Mikael sebesar 78,07% dengan kategori sangat baik; di SMK N 5 Surakarta sebesar 72,8% dengan kategori baik. (4) aspek product secara keseluruhan memiliki capaian sebesar 81,1% dengan kategori sangat baik; di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo sebesar 81,8% dengan kategori sangat baik; di SMK Warga Surakarta sebesar 82,1% dengan kategori sangat baik; di SMK St. Mikael sebesar 85,8% dengan kategori sangat baik; dan di SMK N 5 Surakarta sebesar 77,3% dengan kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | evaluasi, CIPP, Teaching Factory, SMK, Surakarta, Sukoharjo |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 18 May 2022 07:32 |
Last Modified: | 18 May 2022 07:32 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73061 |
Actions (login required)
View Item |