Pengembangan Media Pembelajaran VideoT utorial Teknik Dasar Sepak Bola Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bantul

Halili, Muhamad (2022) Pengembangan Media Pembelajaran VideoT utorial Teknik Dasar Sepak Bola Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bantul. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_muhamad halili_18601241069.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran video tutorial teknik dasar sepak bola siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bantul. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (RnD) dengan menggunakan model desain pengembangan ADDIE (Analysis-Desain-Develop-Implement-Evaluate). Subjek penelitian ini adalah 48 peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Bantul dan objek penelitian yaitu media pembelajaran video tutorial teknik dasar sepak bola. Media dinilai kelayakannya oleh ahli materi dan ahli media mengginakan angket. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket yang diisi oleh peserta didik sebagai subjek penelitian serta dokumentasi penelitian. Hasil data berupa data kuantitatif yang dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian berupa produk media pembelajaran video tutorial teknik dasar sepak bola berbentuk softfile dan CD (Compack Disk) dengan data mp4 yang memiliki kelengkapan animasi, narator, dan pengantar. Hasil presentase kelayakan yang diperoleh dari ahli materi, ahli media, dan respon peserta didik sebesar (1) ahli materi diperoleh penilaian sebesar 97%, (2) ahli media diperoleh penilaian sebesar 85%, dan respon peserta didik diperoleh penilaian sebesar 91%.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Nurhadi Santoso, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: siswa kelas VII SMP, video tutorial, teknik dasar sepak bola
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 May 2022 03:20
Last Modified: 18 May 2022 03:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73060

Actions (login required)

View Item View Item