Kemitraan Sekolah Menengah Kejuruan Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi Kota Yogyakarta dengan Dunia Usaha / Dunia Industri.

Zuhri, Mahuda Alhar and Sukardi, Sukardi (2020) Kemitraan Sekolah Menengah Kejuruan Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi Kota Yogyakarta dengan Dunia Usaha / Dunia Industri. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-mahuda alhar zuhri-16702251003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kemitraan antara SMK Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kota Yogyakarta dengan DU/DI dilihat dari gambaran, implementasi, hasil capaian, dan hambatan kemitraan. Penelitian ini bersifat deskriptif dan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Subjek penelitian ini adalah guru produktif SMK Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kota Yogyakarta dan DU/DI di Kota Yogyakarta. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik cluster sampling. Ada 51 Responden terpilih dari SMK di Kota Yogyakarta dan lima DU/DI di Kota Yogyakarta. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang komprehensif. Data dianalisis secara statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Program kemitraan meliputi ; : Pengembangan Multimedia, Pengembangan Sistem Aplikasi Big Data virtual, dan Pengembangan sistem jaringan internet. (2) Implementasi kemitraan yang dilakukan meliputi sinkronisasi kurikulum, pembuatan surat kemitraan, praktek kerja industri / prakerin, kunjungan ke industri, workshop, uji kompetensi, seleksi rekrutmen kerja, OJT, dan guru tamu industri ; (3) hasil Capaian Kemitraan setelah dilakukan analisis dalam bentuk persentase adalah 4,48% tidak pernah, 12,97% jarang, 41,74% Sering dan 40,81% Selalu dalam mengimplementasikan kemitraan ; (4) hambatan kemitraan yang utama terkait relasi dan komunikasi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: dunia usaha / dunia industri, kemitraan, sekolah menengah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 May 2022 03:12
Last Modified: 18 May 2022 03:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73059

Actions (login required)

View Item View Item