Pengaruh Self-Directed Learning, Literasi Digital dan Praktik Kerja Industri terhadap Tingkat HOTS Siswa Program Keahlian Teknik Otomotif SMK di DIY.

Akhyat, Farthur and Munadi, Sudji (2020) Pengaruh Self-Directed Learning, Literasi Digital dan Praktik Kerja Industri terhadap Tingkat HOTS Siswa Program Keahlian Teknik Otomotif SMK di DIY. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-farthur ahkyat-16702251018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh: (1) Self-Directed Learning, (2) Literasi Digital, dan (3) Praktik Kerja Industri terhadap tingkat HOTS Siswa Program Keahlian Teknik Otomotif SMK di DIY. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 360 siswa kelas XI kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan di SMK yang telah dipilih di DIY. Sampel sejumlah 187 siswa ditentukan secara Proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan dokumentasi yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda dengan uji koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan uji signifikansi, keputusan uji hipotesis dengan taraf 5% dengan pengujian menggunakan aplikasi SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Self-Directed Learning terhadap tingkat HOTS siswa dengan kontribusi efektif sebesar 47,2%; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Literasi Digital terhadap tingkat HOTS siswa dengan kontribusi efektif sebesar 27,1%; (3) terdapat pengaruh yang rendah namun positif dari Prakerin terhadap tingkat HOTS siswa dengan kontribusi sebesar 12,7%; dan (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama Self-Directed Learning, Literasi Digital, dan Prakerin terhadap tingkat HOTS siswa dengan kontribusi efektif sebesar 53,5%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: self-directed learning, literasi digital, praktik kerja industri, HOTS, Program Keahlian Teknik Otomotif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 May 2022 03:00
Last Modified: 18 May 2022 03:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73057

Actions (login required)

View Item View Item