Evaluasi Praktik Kerja Industri Kompetensi Keahlian Tata Busana SMK Negeri 6 Yogyakarta dan SMK Negeri 1 Pengasih.

Fajrin, Fahmawati and Wening, Sri (2020) Evaluasi Praktik Kerja Industri Kompetensi Keahlian Tata Busana SMK Negeri 6 Yogyakarta dan SMK Negeri 1 Pengasih. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-fahmawati fajrin-16702251009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian pelaksanaan praktik kerja industri(Prakerin) pada : aspek konteks ditinjau dari dukungan internal dan dukungan eksternal; aspek input ditinjau dari kesiapan guru pembimbing dan industri, kesiapan siswa dan kesiapan sarana dan prasarana; aspek produk ditinjau dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi prakerin; sedangkan aspek produk ditinjau dari penilaian prakerin dan kesiapan kerja siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan model evaluasi CIPP. Responden penelitian ini berjumlah 103 siswa, 18 guru pembimbing dan 13 pembimbing industri. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuisioner/angket. Uji validitas instrumen dilakukan dengan analisis faktor CFA dan divalidasi 2 dosen ahli, validitas hasil dari 45 butir soal, 4 dinyatakan gugur dan 41 butir dinyatakan siap digunakan. Dan Uji reliabialitas menggunakan alpha cronbrach dengan hasil 0,878. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program Praktik Kerja Industri yang ditinjau dari (1) aspek konteks SMK N 6 Yogyakarta berjalan dengan sangat sesuai dengan persentase 57% responden siswa, 54% guru pembimbing dan 50% responden industri. Sedangkan aspek konteks SMK N 1 Pengasih berjalan dengan sesuai dengan persentase 67% responden siswa, 60% guru pembimbing dan 60% responden industri. (2) aspek input SMK N 6 Yogyakarta berjalan dengan sesuai dengan persentase persentase 96% responden siswa, 84% responden guru pembimbing dan 63% responden industri. Sedangkan aspek input SMK N 1 Pengasih berjalan dengan sesuai dengan persentase 68% responden siswa, 80% responden guru pembimbing dan 60% responden industri (3) aspek proses SMK N 6 Yogyakarta berjalan dengan sesuai dengan persentase 75% responden siswa, 85% responden guru pembimbing dan 75% responden industri, sedangkan aspek proses SMK N 1 Pengasih berjalan kurang sesuai dengan persentase 22% responden siswa, 20% responden guru pembimbing dan 40% responden industri (4) aspek produk SMK N 6 Yogyakarta berjalan dengan sesuai dengan persentase 66% responden siswa, 84% responden guru pembimbing dan 50% responden industri, sedangkan aspek produk SMK N 1 Pengasih berjalan dengan sesuai dengan dengan persentase 47% responden siswa, 80% responden guru pembimbing dan 60% responden industri.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Model CIPP, Program Praktik Kerja Industri
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 May 2022 02:51
Last Modified: 18 May 2022 02:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73051

Actions (login required)

View Item View Item