Perencanaan Kebutuhan Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Potensi Lokal untuk Pembangunan Daerah di Kota Yogyakarta.

Kurniawati, Mega and Sutarto, Sutarto (2020) Perencanaan Kebutuhan Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Potensi Lokal untuk Pembangunan Daerah di Kota Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-mega kurniawati-18702251001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) kondisi potensi lokal di Kota Yogyakarta, (2) program pemerintah daerah berbasis potensi lokal dalam upaya pembanguan daerah Kota Yogyakarta, (3) spektrum Keahlian SMK yang ada di Kota Yogyakarta, (4) Program Keahlian SMK yang seharusnya ada berbasis potensi lokal untuk program pembangunan daerah di Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Yogykarta. Data sekunder yang dikumpulkan meliputi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Tahun 2011-2031, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Yogyakarta, Kota Yogyakarta dalam Angka 2019, dan Data tentang sekolah SLTA di Kota Yogyakarta dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Provinsi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Analisis dokumen errujuk pada penelitianValiditas dokumen yang dilakukan adalah pemberian cap resmi dari instansi terkait. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) potensi lokal yang tetinggi adalah sudsektor penyediaan akomodasi dan makan minum, industri pengolahan, informasi dan komunikasi transportasi dan pergudangan, administrasi pemerintahan, pertahanan, dan jaminan sosial wajib dan jasa-jasa; (2) program pembanguan yang direncanakn untuk peningktan potensi lokal Kota Yogyakrta adalah meningkatnya aktifitas sektor swasta pariwisata dan pendidikan sebagai penopang utama pelayanan jasa kota secara kompetitif dan sebagai gerbong utama pertumbuhan perekonomian kota dan mampu menarik picu pergerakan sektor andalan lain; (3) tingkat keselarasan spektrum keahlian SMK dengan potensi lokal di zona 1 mencapai 54,54%; zona 2 sebesar 53,85%, sedangkan zona 3 sebesar 66,67%. Bidang keahlian yang selaras dengan potensi lokal meliputi: teknologi dan rekayasa, teknologi informasi dan komunikasi, bisnis dan manajemen, pariwisata, dan seni dan industri kreatif. Kebutuhan SMK berbasis potensi lokal mencakup 11 sekolah, 154 kelas dan 322 guru. Perlu penambahan spektrum keahlian SMK yang selaras dengan potensi lokal di wilayah Kota Yogyakarta dan sekitarnya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kota Yogyakarta, pembangunan daerah, SMK berbasis potensi lokal
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 May 2022 03:46
Last Modified: 17 May 2022 03:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73041

Actions (login required)

View Item View Item