Evaluasi Pelaksanaan Program Sertifikasi Kompetensi Melalui LSP P-1 SMK di Kabupaten Klaten.

Budiyanto, Budiyanto and Suyanto, Wardan (2020) Evaluasi Pelaksanaan Program Sertifikasi Kompetensi Melalui LSP P-1 SMK di Kabupaten Klaten. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-budiyanto-17702251010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program sertifikasi kompetensi melalui LSP P-1 SMK di Kabupaten Klaten. Evaluasi pelaksanaan program sertifikasi kompetensi peserta didik ditinjau dari: (1) aspek context; (2) aspek input; (3) aspek process; (4) aspek product. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi (evaluation research) model CIPP (Context, Input, Process, Product). Penelitian ini dilaksanakan pada 4 (empat) SMK di Kabupaten Klaten yang sudah memiliki lisensi LSP P-1. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah sebagai dewan pembina, ketua LSP, sekretaris, bendahara, manajer sertifikasi, ketua komite skema, kepala TUK, dan asesor di SMK Kabupaten Klaten yang berjumlah 71 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket. Uji validitas dengan validasi isi yaitu expert judgement dan valitidas kontruk dihitung dengan Product Moment. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan sertifikasi kompetensi melalui LSP P-1 di SMK Kabupaten Klaten ditinjau dari relevansi aspek context termasuk dalam kategori sangat sesuai (85,5%), yaitu relevan dengan kebijakan dan tujuan uji sertifikasi kompetensi; (2) Pelaksanaan sertifikasi kompetensi melalui LSP P-1 di SMK Kabupaten Klaten ditinjau dari relevansi aspek input termasuk dalam kategori sangat sesuai (89,23%), yaitu memenuhi kriteria asesor, kelengkapan perangkat asesmen, tempat uji kompetensi, dan sarana prasarana uji kompetensi; (3) Pelaksanaan sertifikasi kompetensi melalui LSP P-1 di SMK Kabupaten Klaten ditinjau dari kesesuaian aspek proses termasuk dalam kategori sangat sesuai (89,83%), yaitu kesesuaian prosedur pelaksanaan, alokasi waktu, persiapan, dan sistem penilaian dalam uji sertifikasi kompetensi; (4) Pelaksanaan sertifikasi kompetensi melalui LSP P-1 di SMK Kabupaten Klaten ditinjau dari ketercapaian aspek product termasuk dalam kategori sangat tinggi (79,97%), yaitu ketercapaian dari segi segi hasil sertifikasi kompetensi, produk uji, dan sertifikat kompetensi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, CIPP, sertifikasi kompetensi, LSP P-1
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 May 2022 02:57
Last Modified: 17 May 2022 02:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73039

Actions (login required)

View Item View Item