ANALISIS KARAKTER RASA INGIN TAHU SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI BEJI

Wahyujati, Ninda Putri (2022) ANALISIS KARAKTER RASA INGIN TAHU SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI BEJI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Ninda Putri Wahyujati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakter rasa ingin tahu siswa pada pembelajaran IPA di Kelas V SD Negeri Beji. Karakter rasa ingin tahu merupakan salah satu bagian penting dari kesadaran manusia dalam menjalani kehidupan terutama bagi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober – Desember 2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Data dianalisis dengan menggunakan model analisis data Saldana (2009) yang meliputi menyiapkan data, pemadatan fakta (pengkodean), pendalaman data, pengumpulan fakta sejenis, menentukan kategorisasi, membangun konsep, dan menarasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter rasa ingin tahu siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri Beji dapat dilihat dari empat indikator yang dijabarkan sebagai berikut. 1) Siswa telah mengajukan pertanyaan tentang materi pembelajaran, selain tentang materi pembelajaran, dan langkah-langkah kegiatan pembelajaran. 2) Siswa membaca buku tentang materi pembelajaran dan buku selain tentang materi pembelajaran. 3) Siswa berusaha menjawab pertanyaan yang diberikan guru dan mencari jawaban dari berbagai sumber. 4) Terdapat interaksi siswa pada proses sains dalam pembelajaran. Kata kunci: Rasa Ingin Tahu, Siswa SD, Pembelajaran IPA

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 13 May 2022 03:45
Last Modified: 13 May 2022 03:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73026

Actions (login required)

View Item View Item