PERSEPSI PESERTA DIDIK KELAS IV DAN V TERHADAP PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI BEBERAPA SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH KECAMATAN MIRIT KABUPATEN KEBUMEN

Muhammad, Salwa Afiq (2022) PERSEPSI PESERTA DIDIK KELAS IV DAN V TERHADAP PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI BEBERAPA SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH KECAMATAN MIRIT KABUPATEN KEBUMEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SALWA AFIQ MUHAMMAD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengtahui persepsi peserta didik kelas IV dan V terhadap pembelajaran daring pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di beberapa Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Mirit kabupaten Kebumen. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument angket dan teknik analisis data menggunakan statistik defkriptif dengan presentase. Teknik pengambilan sample yaitu proporsional random sampling, sehingga penentuan jumlah sample 25% dari jumlah total siswa, sehingga mendapatkan sebanyak 50 siswa. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan disimpulkan bahwa persepsi siswa sekolah dasar terhadap pembelajaran daring pada mata pelajaran Bahasa Indonesia masuk dalam kategori sebagai berikut: kategori sangat positif terdapat 4 siswa dengan presentase sebesar 8%, kategori positif 13 siswa dengan presentase sebesar 26%, kategori sedang terdapat 18 siswa dengan presentase sebesar 36%, kategori negatif terdapat 12 siswa dengan presentase sebesar 24 %, kategori sangat negatif terdapat 3 siswa dengan presentase sebesar 6 %. Sehingga dapat dikatakan bahwa persepsi siswa sekolah dasar se-Kecamatan Mirit masuk dalam kategori sedang. Kata kunci : persepsi, pembelajaran daring, Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 13 May 2022 03:14
Last Modified: 13 May 2022 03:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73024

Actions (login required)

View Item View Item