IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI SD NEGERI SENDANGHARJO

Risanti, Ivonne Delia (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI SD NEGERI SENDANGHARJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Ivonne Delia Risanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran daring di SD Negeri Sendangharjo. Implementasi pembelajaran daring dilihat dari berbagai aspek yaitu melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Semua Guru Kelas, dan perwakilan siswa dan objek penelitian adalah pembelajaran daring. Pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa SD Negeri Sendangharjo menerapkan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. Implementasinya mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran daring. Melalui perencanaa pembelajaran yaitu membuat RPP dan menyiapkan materi atau media, pelaksanaan kegiatan dengan melaksanakan pembelajaran daring melalui aplikasi Whatsapp grup disesuaikan dengan perencanaanya. Pada pelaksanaannya ditemui beberapa kendala seperti ketidaksesuaian antara aplikasi belajar yang digunakan dengan RPP yang telah disusun, sulit melakukan komunikasi, dan terdapat siswa terlambat mengumpulkan tugas. Evaluasi pembelajaran daring menunjukkan bahwa pembelajaran daring khususnya sekolah dasar sebaiknya hanya sebagai pelengkap saja. Pembelajaran yang utama tetap dilakukan di sekolah. Hasil belajar siswa SD Negeri Sendangharjo selama pembelajaran daring cenderung naik. Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Daring

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 13 May 2022 03:07
Last Modified: 13 May 2022 03:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73023

Actions (login required)

View Item View Item