PENGARUH KEBIASAAN BERMAIN GAME ONLINE DAN PENGGUNAAN SOCIAL MEDIA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD DI KAPANEWON KRETEK

Faishal Alam, Muhamad Asruri (2022) PENGARUH KEBIASAAN BERMAIN GAME ONLINE DAN PENGGUNAAN SOCIAL MEDIA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD DI KAPANEWON KRETEK. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Muhamad Asruri Faishal Alam.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Motivasi belajar peserta didik sebagai bentuk dorongan peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran tentu perlu kita kembangkan ataupun pertahankan. Namun, perkembangan IPTEK yang massif dan cepat memungkinkannya dapat mempengaruhi pendidikan bahkan motivasi belajar seseorang. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui pengaruh kebiasaan bermain game online dan penggunaan social media terhadap motivasi belajar terutama peserta didik kelas V Sekolah Dasar se-Kapanewon Kretek 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post-facto, sehingga didapatkan hasil berupa angka yang selanjutnya dideskriptifkan dan dianalisis. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar se-Kapanewon Kretek berjumlah 220 peserta didik. Hasil penelitian Kebiasaan bermain game online dan penggunaan social media secara simultan berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V SD se- Kapanewon Kretek. Hal itu dibuktikan dengan sumbangan variabel sebesar 29.8% dengan F regresi sebesar 46.118 dan memiliki signifikansi sebesar 0,00. Kata kunci: kebiasaan bermain game online, penggunaan social media, motivasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 13 May 2022 03:01
Last Modified: 13 May 2022 03:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73022

Actions (login required)

View Item View Item