Evaluasi Implementasi Standar Penilaian Pendidikan pada Madrasah Tsanawiyah Lingkup Pesantren Modern di Kabupaten Kebumen.

Ngarifillaili, Nurul and Kartowagiran, Badrun (2021) Evaluasi Implementasi Standar Penilaian Pendidikan pada Madrasah Tsanawiyah Lingkup Pesantren Modern di Kabupaten Kebumen. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-nurul ngarifillaili-18701251008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Madrasah tsanawiyah lingkup pesantren modern dalam tahun-tahun terakhir ini memiliki daya tarik yang luar biasa di Kabupaten Kebumen. Peningkatan jumlah siswa baru terjadi secara signifikan yang harus diimbangi dengan kualitas sekolah yang meningkat pula. Salah satu indikator keberhasilan dalam pelaksanaan pendidikan suatu sekolah adalah pelaksanaan penilaian peserta didik. Standar penilaian pendidikan yang tertuang dalam Permendikbud Nomer 23 Tahun 2016 menjadi landasan yang dipakai hingga saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menyajikan hasil penilaian kemudian menilainya dengan membandingkan indikator evaluasi. Fokus yang menjadi objek evaluasi yaitu tentang pencapaian dari pelaksanaan tujuh komponen dalam Standar Penilaian Pendidikan pada madrasah tsanawiyah lingkup pesantren modern di Kabupaten Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Model evaluasi yang digunakan adalah Model Evaluasi Kesenjangan atau Discrepancy Evaluation Model. Model evaluasi tersebut digunakan untuk menentukan apakah suatu ketimpangan terjadi66666666* antara sejumlah aspek dari program di lapangan dengan standar yang telah ditetapkan. Subjek penelitian adalah 227 peserta didik kelas VIII tahun pelajaran 2020/2021, 9 guru, 3 guru pada masing-masing madrasah yaitu guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika, serta kepala madrasah. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuisioner serta melalui dokumentasi dan wawancara singkat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, secara keseluruhan, dari ketujuh komponen dalam Standar Penilaian Pendidikan, sebagian besar telah terlaksana dengan baik. Akan tetapi, pada komponen prinsip penilaian, tingkat ketercapaian masih lebih rendah dibandingkan pada komponen lainnya. Hal ini dikarenakan guru terkadang sulit memberi nilai sesuai dengan kompetensi peserta didik dan masih cenderung subjektif. Penilaian yang dilakukan masih terpengaruh adanya kecenderungan kedekatan terhadap peserta didik. Komponen tujuan penilaian dan mekanisme penilaian telah terlaksana dengan sangat baik dan memiliki tingkat ketercapaian yang lebih tinggi dari yang lain. Berdasarkan hasil evaluasi, perlu peningkatan pelaksanaan lingkup, prinsip, bentuk, prosedur, dan instrumen penilaian melalui peningkatan kelengkapan fasilitas di sekolah. Upaya lain yang dapat dilakukan adalah adanya pelatihan kompetensi penilaian kepada para pendidik agar penilaian terhadap peserta didik sesuai dengan standar yang diharapkan yakni standar dalam Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi program, MTs lingkup pesantren modern, Standar Penilaian Pendidikan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 May 2022 07:03
Last Modified: 13 May 2022 07:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73019

Actions (login required)

View Item View Item