Evaluasi Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) pada Mata Pelajaran Bahasa Perancis di SMA Negeri Daerah Istimewa Yogyakarta.

Assa'diyah, Nur Hamidah and Hadi, Samsul (2021) Evaluasi Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) pada Mata Pelajaran Bahasa Perancis di SMA Negeri Daerah Istimewa Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-nur hamidah assadiyah-18701251007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru terkait program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), implementasi dan hasil program PPK hasil pada mata pelajaran Bahasa Perancis di SMA negeri di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model evaluasi Countenance Stake. Subjek penelitian yaitu guru mata pelajaran Bahasa Perancis di SMA negeri di Daerah Istimewa Yogyakarta dan siswa yang mendapat mata pelajaran Bahasa Perancis di kelas. Sampel penelitian ditentukan menggunakan teknik propotional stratified random sampling dengan rumus perhitungan Krejcie dan Morgan. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah lima guru, 159 siswa kelas X, 30 siswa kelas XI, dan 159 siswa kelas XII dari SMAN 10 Yogyakarta, SMAN 1 Depok Sleman, dan SMAN 1 Sanden Bantul. Evaluasi implementasi program ditinjau dari pemahaman guru, implementasi dan hasil dari implementasi program PPK. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman dan perencanaan guru terkait program PPK berkategori cukup baik, sedangkan pelaksanaan program berkategori baik. Siswa kelas X memiliki karakter komunikatif, toleran, kerjasama, dan mandiri yang baik, sedangkan tanggungjawab siswa berkategori cukup baik. Siswa kelas XI memiliki karakter komunikatif, kerjasama, dan tanggungjawab yang baik, dan toleransi siswa sangat baik, namun karakter mandiri siswa berkategori cukup baik. Siswa kelas XII memiliki karakter komunikatif, toleran, kerjasama, mandiri, dan tanggungjawab yang baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, implementasi, program penguatan pendidikan karakter
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 May 2022 06:45
Last Modified: 12 May 2022 06:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73018

Actions (login required)

View Item View Item