Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Multilingual di Pondok Pesantren di Sulawesi Selatan.

Adam, Nurul Suciana and Kartowagiran, Badrun (2021) Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Multilingual di Pondok Pesantren di Sulawesi Selatan. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-nurul suciana adam-19701251037.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengevaluasi aspek context, (2) input, (3) process, (4) product pelaksanaan pembelajaran multilingual di pondok pesantren di Sulawesi Selatan, dan (5) menguji ada atau tidak perbedaan pelaksanaan pembelajaran multilingual di pondok pesantren di Sulawesi Selatan ditinjau dari context, input process, dan product. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan kuantitatif dengan model evaluasi CIPP (Context, Input Process, Product). Subjek penelitian ini adalah 343 santri kelas XI SMA/MA, 30 Guru/Pembina Bahasa dan tiga kepala pesantren. Teknik sampling yang digunakan adalah convenience sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert 5 tingkat, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Pembuktian validitas angket dan wawancara menggunakan validitas isi yang divalidasi oleh enam expert dan dikalkulasi dengan formula Aiken, dan reliabilitas instrumen diestimasi menggunakan koefisien Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data deskriptif persentase digunakan untuk mengukur tingkat ketercapaian program dan uji multivariat untuk menguji ada tidak perbedaan pelaksanaan pembelajaran multilingual di pondok pesantren di Sulawesi Selatan. Hasil penelitian menunjukkan; 1) pelaksanaan pembelajaran multilingual di pondok pesantren di Sulawesi Selatan pada komponen context memiliki tingkat keberhasilan sebesar 85% dan 92% tergolong dalam kategori sangat baik pada santri dan guru/pembina bahasa; 2) pelaksanaan pembelajaran multilingual di pondok pesantren di Sulawesi Selatan pada komponen input memiliki tingkat keberhasilan sebesar 86% dan 88% tergolong dalam kategori sangat baik pada santri dan guru/pembina bahasa; 3) pelaksanaan pembelajaran multilingual di pondok pesantren di Sulawesi Selatan pada komponen process memiliki tingkat keberhasilan sebesar 72% dan 82% tergolong dalam kategori baik pada peserta didik sedangkan sangat baik pada guru/pembina bahasa; 4) pelaksanaan pembelajaran multilingual di pondok pesantren di Sulawesi Selatan pada aspek product memiliki tingkat keberhasilan sebesar 80% dan 90% tergolong dalam kategori sangat baik pada peserta didik dan guru/pembina bahasa serta luaran berupa hasil belajar bahasa Inggris dan Arab mencapai standar kriteria ketuntasan minimum > 70; dan 5) terdapat perbedaan yang signifikan dalam pelaksanaan pembelajaran multilingual di pondok pesantren di Sulawesi Selatan baik dari segi context, input, process, product.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, pembelajaran multilingual, pesantren
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Program Pascasarjana > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 May 2022 03:13
Last Modified: 12 May 2022 03:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73012

Actions (login required)

View Item View Item