Pengembangan Instrumen Penilaian Diri dalam Praktik Topografi Peserta Didik SMK Geomatika di DIY.

Nafisah, Durrotun and Munadi, Sudji (2021) Pengembangan Instrumen Penilaian Diri dalam Praktik Topografi Peserta Didik SMK Geomatika di DIY. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-durrotun nafisah-19701251029.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan konstruk, validitas, dan reliabilitas instrumen penilaian diri dalam praktik topografi peserta didik SMK Geomatika di DIY. Penelitian ini merupakan research development. Prosedur pengembangan menggunakan 10 langkah pengembangan instrumen dari Mardapi. Uji coba didesain sebanyak dua kali: yang pertama yaitu uji coba terbatas dan yang kedua ujicoba lapangan. Uji coba terbatas dilakukan untuk mengetahui keterbacaan dan kelayakan intrumen berdasarkan isinya. Sedangkan uji coba lapangan dilakukan untuk mendapatkan data lapangan. Pengambilan data dilakukan di sluruh SMK Program keahlian Geomatika di DIY. Subjek uji coba yaitu peserta didik yang telah mendapatkan pelajaran Praktik Pengukuran Topografi,yaitu kelas XI dan XII, di SMKN 2 Yogyakarta ada dua rombongan belajar denga populasi 66 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, document review, dan reviu instrumen yang dikembangkan untuk mendapatkan data lapangan. Analisa data adalah untuk validitas isi menggunakan V Aiken, validitas konstruk dengan EFA, dan estimasi reliabilitas instrumen menggunakan SPSS 16. Konstruk instrumen yang dikembangkan terdiri dari 44 butir pernyataan dengan 7 pengelompokan faktor. Komponen persiapan terdapat 10 butir pernyataan. Komponen pelaksanaan terbagi menjadi lima faktor dengan total 30 butir pernyataan. Kemudian komponen pelaporan hasil terdiri dari empat butir pernyataan. Validitas isi tergolong sangat tinggi dengan nilai V Aiken butir seluruhnya lebih besar dari 0,85 dan valid secara konstruk karena semua item memiliki nilai faktor loading lebih besar dari 0,40. Estimasi reliabilitas tergolong sangat andal dengan nilai estimasi 0,978. Instrumen penilaian diri yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan sebagai instrumen penilaian diri karena telah memenuhi estimasi validitas dan reliabilitas.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: instrumen, pengukuran topografi, penilaian diri
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 May 2022 02:11
Last Modified: 12 May 2022 02:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73011

Actions (login required)

View Item View Item