Evaluasi Pelaksaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Jenjang SMK di Kabupaten Purworejo.

Sari, Dwi Novita and Widihastuti, Widihastuti (2021) Evaluasi Pelaksaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Jenjang SMK di Kabupaten Purworejo. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-dwi novita sari-19701251035.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengevaluasi aspek context, 2) input, 3) process, 4) product pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Jenjang SMK di Kabupaten Purworejo, dan 5) menguji ada tidaknya perbedaan pelaksanaan GLS pada jenjang SMK Negeri dan SMK Swasta di Kabupaten Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan kuantitatif menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Subjek penelitian yang digunakan terdiri dari 389 peserta didik, 38 guru, dan 4 perwakilan tim literasi sekolah dari 2 SMK Negeri dan 2 SMK Swasta di Kabupaten Purworejo. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket, wawancara dan teknik dokumentasi dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yang berupa lembar angket dengan skala likert, pedoman wawancara dan lembar dokumentasi Validitas instrumen dibuktikan dengan validitas isi menggunakan formula Aiken’s V dan validitas konstruk menggunakan Exploratory Factor Analysis (EFA). Reliabilitas diestimasi dengan uji Cronbach Alpha dan Intraclass Correlation Coefficient (ICC). Teknik analisis data deskriptif kuantitatif digunakan untuk mengukur capaian keberhasilan program CIPP dan uji independent sample t-test untuk menguji ada tidaknya perbedaan pelaksanaan GLS di SMK Negeri dan SMK Swasta. Hasil penelitian menunjukkan: 1) pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) jenjang SMK di Kabupaten Purworejo pada aspek context memiliki tingkat keberhasilan sebesar 80,53% dan 82,57% termasuk dalam kategori terlaksana dengan sangat baik pada peserta didik maupun guru; 2) aspek input memiliki tingkat keberhasilan sebesar 80,22% dan 81,63% termasuk dalam kategori terlaksana dengan sangat baik pada peserta didik maupun guru; 3) aspek process memiliki tingkat keberhasilan sebesar 81,69% dan 82,32% termasuk dalam kategori terlaksana dengan sangat baik pada peserta didik maupun guru; 4) aspek product memiliki tingkat keberhasilan sebesar 76,11% dan 81,91% termasuk dalam kategori terlaksana dengan baik untuk peserta didik dan sangat baik pada guru; dan 5) tidak terdapat perbedaan yang signifikan pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) jenjang SMK Negeri dan SMK Swasta di Kabupaten Purworejo.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, model CIPP, Gerakan Literasi Sekolah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 May 2022 01:57
Last Modified: 12 May 2022 01:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73009

Actions (login required)

View Item View Item