Pengembangan Computerized Adaptive Testing Higher Order Thinking Skills Kimia Kelas X SMA.

Alivi, Farintis Jihadul and Widihastuti, Widihastuti (2021) Pengembangan Computerized Adaptive Testing Higher Order Thinking Skills Kimia Kelas X SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-farintis jihadul alivi-18701251014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan bank soal HOTS kimia untuk kelas X SMA yang telah diketahui karakteristik dan kualitas butirnya, (2) menguji spesifikasi teknis dan kualitas CBT-HOTS kimia untuk kelas X SMA, (3) menguji spesifikasi teknis dan kualitas CAT-HOTS kimia untuk kelas X SMA menggunakan algoritma pohon keputusan, (4) mendapatkan potret kemampuan HOTS kimia siswa SMA di Kota Yogyakarta. Proses pengembangan CAT-HOTS kimia melalui tiga tahap yaitu: Pertama, pengembangan bank soal HOTS kimia mengguankan proses penyusunan instrumen tes dari Model Mardapi meliputi sembilan langkah (1) menyusun spesifikasi tes, (2) menulis soal tes, (3) menelaah soal tes, (4) melakukan uji coba tes, (5) menganalisis butir soal, (6) memperbaiki tes, (7) merakit tes, (8) melaksanakan tes, dan (9) menafsirkan hasil tes. Kedua, pengembangan media CBT-HOTS kimia mengadopsi proses model pengembangan Borg & Gall meliputi tujuh langkah (1) identifikasi kebutuhan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba produk awal, (5) revisi produk hasil uji coba awal, (6) uji coba lapangan, dan (7) finalisasi produk. Ketiga, pengembangan media CAT- HOTS kimia juga mengadopsi proses model pengembangan Borg & Gall dengan langkah yang sama pada pengembangan CBT-HOTS kimia. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa (1) bank soal HOTS kimia memiliki karakteristik dan kualitas yang baik berdasarkan validitas isi, reliabilitas, dan tingkat kesukaran yang memenuhi kriteria, (2) program CBT-HOTS kimia memiliki spesifikasi teknis dan kualitas sangat baik ditunjukkan dengan kategori sangat baik 51%, (3) program CAT-HOTS kimia memiliki spesifikasi teknis dan kualitas sangat baik ditunjukkan dengan kategori sangat baik 62%, selain itu, program CAT-HOTS kimia yang dikembangkan efektif dan akurat dalam menyajikan butir tes sesuai dengan kemampuan peserta tes, yang ditunjukkan dengan nilai SEM dan tes berakhir ketika butir habis, (4) potret kemampuan HOTS kimia menunjukkan perbedaan yang relatif signifikan antara CBT-HOTS kimia dan CAT-HOTS kimia, program CBT-HOTS diperoleh kategori sangat rendah 33% dan kategori sedang 28%, sedangkan CAT-HOTS kimia diperoleh kategori sangat rendah 42%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: CAT, CBT, HOTS
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Program Pascasarjana > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 May 2022 01:40
Last Modified: 12 May 2022 01:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73007

Actions (login required)

View Item View Item