Pengembangan Instrumen Tes Kompetensi Kelulusan Matematika SMP Konteks Budaya Lokal.

Kones, Novi Indriyani and Rosnawati, Raden (2021) Pengembangan Instrumen Tes Kompetensi Kelulusan Matematika SMP Konteks Budaya Lokal. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-novi indriyani kones-19701251002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Soal ujian matematika SMP yang disusun oleh guru umumnya memberikan informasi sebagai instrumen yang memiliki kualitas tidak baik, dan penerapan konteks budaya dalam penilaian masih kurang, seperti yang terlihat pada penelitian-penelitian etnomatematika di Cirebon yang belum menerapkan hasil penelitiannya di sekolah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk: (1) menginvestigasi konstruksi soal kompetensi kelulusan matematika SMP konteks budaya lokal, (2) menganalisis kualitas karakteristik soal kompetensi kelulusan matematika SMP konteks budaya lokal, dan (3) mengungkapkan kemampuan matematika siswa berdasarkan soal kompetensi kelulusan matematika SMP konteks budaya lokal. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan tes Miller dan Lovler. Subjek uji cobanya adalah peserta didik kelas IX SMP negeri di Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2020/2021. Penentuan sampel sekolah menggunakan teknik stratified random sampling berdasarkan kategori nilai rata-rata ujian nasional matematika tahun 2019 sehingga terpilihnya 795 peserta didik sebagai sampel penelitian. Instrumen pengumpulan data yaitu lembar validasi. Teknik analisis data terdiri dari analisis validitas isi dengan menggunakan formula indeks Aiken, analisis validitas konstruk dengan pendekatan multitrait-multimethod, reliabilitas dengan analisis reliabilitas komposit, analisis karakteristik butir dengan pendekatan teori tes klasik, dan analisis kompetensi kelulusan matematika SMP berdasarkan nilai yang didapatkan oleh peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen tes valid secara isi dan konstruk (validitas konvergen dan determinan yang terbukti valid) serta reliabel sebesar 0,893. Tingkat kesukaran dan daya beda dari butir soal terdistribusi ideal sesuai syarat butir yang baik. Butir-butir tes yang baik sebanyak 29 butir terdiri dari tiga soal menjodohkan, 13 pilihan ganda, enam butir pilihan ganda kompleks, lima butir isian singkat, dan dua butir uraian. Aspek budaya terdiri dari peralatan hidup dan sistem teknologi budaya lokal Cirebon. Aspek peralatan hidup terdiri dari kendaraan kereta paksi naga liman, batik trusmi, benda-benda khas Cirebon, dan bangunan khas Cirebon. Aspek sistem teknologi terdiri dari karakteristik kalender “ABOGE” di Keraton Kesepuhan Cirebon, perhitungan tahun Jawa Cirebon pada kalender “ABOGE”, masyarakat pesisir di pasar ikan Gebang, lintasan sumur kaliwadas, dan perhitungan hari sakral di Kabupaten Cirebon. Hasil analisis kemampuan peserta didik berdasarkan kompetensi kelulusan matematika SMP menunjukkan bahwa persentase kemampuan peserta didik yang termasuk kategori sangat kurang sebesar 85,92%, kategori kurang sebesar 11,2%, kategori cukup sebesar 2,4%, dan kategori baik sebesar 0,48%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: budaya lokal, kompetensi kelulusan, matematika SMP
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 May 2022 07:24
Last Modified: 11 May 2022 07:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73004

Actions (login required)

View Item View Item