Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Komputasi dalam Matematika Pada Jenjang SMA.

Yansa, Hajra and Retnawati, Heri (2021) Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Komputasi dalam Matematika Pada Jenjang SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-hajra yansa-19701251012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan konstruk instrumen tes kemampuan berpikir komputasi dalam matematika pokok bahasan trigonometri, (2) Menganalisis hasil kelayakan tes yang dikembangkan, (3) Mengetahui karakteristik butir soal dari tes yang dikembangkan, dan (4) mendeskripsikan hasil tes kemampuan berpikir komputasi dalam matematika peserta didik SMA dengan menggunakan tes yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan menggunakan model Heri Retnawati yang terdiridari sembilan tahap: 1) menentukan tujuan penyusunan instrumen, 2) mencari teori kemampuan berpikir komputasi yang relevan atau cakupan materi trigonometri, 3) menyusun kisi-kisi dan matriks distribusi butir soal, 4) validasi isi, 5) revisi berdasarkan masukan validator, 6) menyusun butir soal, 7) melakukan uji coba paket 1 pada 155 peserta didik dan uji coba paket 2 pada 149 peserta didik SMA kelas X di Kota Yogyakarta, 8) menentukan validitas konstruk, reliabilitas, model fit, dan karakteristik butir soal, serta 9) merakit instrumen untuk pengukuran kemampuan berpikir komputasi paket 1 pada 156 peserta didik dan paket 2 pada 157 peserta didik SMA kelas X di Kota Yogyakarta. Hasil penelitian pengembagan ini yakni: (1) Konstruk tes kemampuan berpikir komputasi dalam matematika memuat aspek dekomposisi masalah, pengenalan pola, berpikir algoritma, abstraksi dan generalisasi. Pokok bahasan matematika yang dikembangkan yakni trigonometri, memuat sub-materi rasio trigonometri pada segitiga siku-siku, sudut-sudut berelasi, aturan sinus, dan cosinus. (2) validitas isi instrumen baik dengan indeks V aiken paket 1 sebesar 0,67 sampai 0,81 dan paket 2 sebesar 0,62 sampai 0,81. Dua paket tes yang dikembangkan memenuhi validitas konstruk dengan KMO- MSA paket 1 sebesar 0,720 dan paket 2 sebesar 0,736. Kedua paket memiliki nilai sig bartlet’s 0,000. Tes paket 1 dan 2 memuat 4 faktor dengan total nilai varians yang terjelaskan sebesar 56, 602% pada paket 1 dan 61, 888 % pada paket 2. Estimasi reliabilitas tes baik. Estimasi reliabilitas paket 1 sebesar 0,77 dan paket 2 sebesar 0,76. (3) Tingkat kesukaran pada semua butir soal dalam kategori baik. Tingkat kesukaran paket 1 sebesar -0,86 sampai 0,90, sedangkan paket 2 sebesar -0,71 sampai 0,65. Butir soal efektif untuk mengukur kemampuan -2,2 sampai 2,4, serta memberikan fungsi informasi maksimum 7,2 dengan SEM 0,37 untuk paket 1 dan memberikan fungsi informasi maksumum 7,4 dengan SEM 0,36 untuk paket 2. (4) Hasil pengukuran menggunakan 2 paket tes yang dikembangkan menunjukkan kemampuan berpikir komputasi dalam matematika pokok bahasan trigonometri peserta didik berada dalam kategori sedang pada masing-masing paket. Aspek penyusun kemampuan berpikir komputasi yang banyak dicapai oleh peserta didik yaitu dekomposisi masalah pada paket 1 dan berpikir algoritma pada paket 2 sedangkan paling sulit yakni abstraksi dan generalisasi pada ke-2 paket.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: berpikir komputasi, matematika, tes
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 May 2022 06:36
Last Modified: 11 May 2022 06:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73002

Actions (login required)

View Item View Item