Penilaian Kinerja Guru Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK di Kabupaten Kulon Progo.

Puspitaningratri, Irena and Suranto, Suranto (2021) Penilaian Kinerja Guru Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK di Kabupaten Kulon Progo. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-irena puspitaningratri-18701251017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kinerja Guru Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK di Kulon Progo berdasarkan tugas utama guru. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode deskriptif melalu i pendekatan kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah guru Mata Pelajaran PKK Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK di Kulon Progo. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah 4 guru PKK, 4 Kepala sekolah, 8 Teman sejawat, dan 123 Peserta didik dari SMK Negeri 1 Samigaluh, SMK Negeri 1 Girimulyo, SMK Negeri 1 Kokap, dan SMK Negeri 1 Pengasih. Penilaian kinerja guru ditinjau dari tugas utama guru, yaitu: tugas guru mendidik, tugas guru mengajar, tugas guru membimbing, tugas guru mengarahkan, tugas guru melatih, tugas guru menilai dan mengevaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian in i adalah lembar penilaian, pedoman wawancara terstruktur, dan lembar dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial Manova (Multivariate Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru PKK SMK di Kulon Progo didasarkan tugas utama guru termasuk dalam kategori baik. Guru PKK menilai dirinya kinerja dirinya sendiri sebesar 82,1 atau masuk dalam kategori baik. Kepala sekolah menilai kinerja Guru PKK sebesar 89,8 atau masuk dalam kategori baik. Teman Sejawat menilai kinerja Guru PKK sebesar 89,2 atau masuk dalam kategori baik. Peserta didik menilai kinerja Guru PKK sebesar 82,1 atau masuk dalam kategori baik, hasil uji manova menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan antara penilaian yang dilakukan oleh peserta didik dari 4 sekolah yang dijadikan tempat penelitian. Secara keseluruhan kinerja guru PKK Kompetensi Keahlian Akuntansi da Keuangan Lembaga SMK di Kulon Progo menurut semua penilai masuk dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Kinerja guru, Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 May 2022 06:09
Last Modified: 11 May 2022 06:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73001

Actions (login required)

View Item View Item