Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Pada Pembelajaran Kimia Berbentuk Self-Assessment dan Peer-Assessment.

Asbupel, Fatnan and Supahar, Supahar (2021) Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Pada Pembelajaran Kimia Berbentuk Self-Assessment dan Peer-Assessment. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-fatnan asbupel-18701251016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengkonstruksi instrumen penilaian afektif peserta didik pada pembelajaran kimia berbentuk self-assessment dan peer- assessment, (2) mendapatkan kelayakan instrumen yang dikonstruksikan tersebut, (3) mendapatkan hasil profil pengukuran sikap peserta didik pada pembelajaran kimia berbentuk self-assessment dan peer-assessment, dan (4) mendapatkan keefektifan instrumen penilaian sikap peserta didik pada pembelajaran kimia berbentuk self-assessment dan peer-assessment. Penelitian ini merupakan research and development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Proses pengembangan instrumen yang dilakukan terdiri dari: (1) tahap analisis, (2) tahap desain, (3) tahap pengembangan, (4) tahap implementasi, dan (5) tahap evaluasi. Kesesuaian model pengukuran sekaligus uji validitas dan reliabilitas instrumen penilaian sikap pada pembelajaran kimia berbentuk self-assessment dan peer-assessment, dianalisis menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen yang dihasilkan menggunakan Skala I-P, yang terdiri dari 34 butir pertanyaan untuk instrumen berbentuk self-assessment dan 31 butir pertanyaan untuk instrumen peer- assessment. Instrumen terdiri dari delapan aspek sikap, yaitu aspek keingintahuan, objektivitas, berpikir kritis, ketekunan, ketelitian, keterbukaan dan kerjasama, tanggung jawab, dan peduli terhadap lingkungan. Instrumen penilaian afektif peserta didik pada pembelajaran kimia berbentuk self-assessment dan peer- assessment yang dihasilkan, telah memiliki karakteristik sebagai instrumen yang memenuhi syarat digunakan untuk menilai afektif peserta didik. Hal ini ditunjukkan oleh hasil pengujian statistik menggunakan confirmatory factor analysis (CFA), di mana instrumen telah mendapatkan bukti empiris dan telah memiliki kesesuaian model yang baik. Secara keseluruhan dapat dinyatakan instrumen penilaian afektif peserta didik pada pembelajaran kimia berbentuk self-assessment dan peer- assessment telah memiliki reliabilitas yang baik. Instrumen penilian sikap peserta didik berbentuk self-assessment dan peer-assessment terbukti efektif digunakan dalam melakukan penilaian sikap pada pembelajaran kimia. Hal ini ditunjukkan dengan efisiennya penggunaan instrumen dan hasil yang diperoleh dari penilian sikap peserta didik berbentuk self-assessment dan peer-assessment.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: sikap, kimia, pengembangan instrumen, penilaian
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 May 2022 03:27
Last Modified: 11 May 2022 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73000

Actions (login required)

View Item View Item