Identifikasi DIF Perangkat Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran Matematika SMP.

Khoeruroh, Ulfa and Retnawati, Heri (2021) Identifikasi DIF Perangkat Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran Matematika SMP. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-ulfa khoeruroh-18701251035.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) karakteristik perangkat Ujian Akhir Semester mata pelajaran matematika, (2) besar kesalahan pengukuran dan fungsi informasi perangkat Ujian Akhir Semester mata pelajaran matematika, (3) banyaknya butir- butir perangkat Ujian Akhir Semester mata pelajaran matematika yang memuat DIF. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Analisis butir dalam penelitian ini didasarkan pada respons peserta tes Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran Matematika SMP di Wilayah MGMP Rayon 4 Kabupaten Kuantan Singingi tahun pelajaran 2019/2020. Sumber data berupa lembar jawaban peserta didik sebanyak 724 peserta didik dengan rincian 384 peserta didik perempuan dan 340 peserta didik laki-laki. Karakteristik butir soal dianalisis menggunakan metode uji perbandingan kemungkinan (Likelihood Ratio Test) berbantuan program R dalam mengidentifikasi DIF butir soal. Hasil analisis pada penelitian ini terhadap telaah butir soal pada 38 butir soal adalah sebagai berikut. (1) Karakteristik soal dilihat dari kecocokan model menggunakan program BilogMG, menunjukkan kecocokan 38 butir soal tersebut dengan model 2PL. Selanjutnya dilihat dari tingkat kesukaran butir soal menunjukkan terdapat 1 butir soal yang mempunya tingkat kesukaran mudah, 18 butir soal dengan tingkat kesukaran sedang, 15 butir soal dengan tingkat kesukaran sulit dan terdapat 4 butir soal dengan tingkat kesukaran sangat sulit. Sedangkan untuk daya pembeda soal, dari 38 butir soal semuanya dikategorikan baik, tidak ada daya pembeda yang bernilai negatif atau tidak baik. (2) Hasil kesalahan pengukuran dengan perhitungan Fungsi Informasi dan SEM menunjukkan bahwa nilai maksimum fungsi informasi tes sebesar 2,912 dengan tingkat kesalahan baku pengukuran 0,586 pada kemampuan

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: DIF, gender, model likelihood ratio test, mata pelajaran matemtika, teori respon butir
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 May 2022 03:17
Last Modified: 11 May 2022 03:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72998

Actions (login required)

View Item View Item