Analisis Kualitatif terhadap Hambatan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menerapkan Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills dan Strategi Praktis Mengatasinya.

Putri, Neneng Kurnia Rahma and Setiawan, Caly (2020) Analisis Kualitatif terhadap Hambatan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menerapkan Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills dan Strategi Praktis Mengatasinya. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-neneng kurnia rahma putri-18701251021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki kecenderungan untuk memegang prinsip Teacher Centered Learning (TCL) atau masih mendominasi pada setiap kegiatan pembelajaran. Fenomena tersebut mengindikasikan kemungkinan bahwa guru PAI masih belum bisa memberikan kontribusi pemikirannya terkait ide-ide kreatif sebagai karakteristik pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara kualitatif berbagai hambatan yang dialami oleh guru PAI di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) dalam menerapkan pembelajaran PAI berbasis HOTS. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Berdasarkan etika dalam penelitian, mengenai tempat dan nama partisipan disamarkan dan digunakan nama yang bukan aslinya. Penelitian ini dilaksanakan di dua MAN yaitu Sekolah Aktif dan Sekolah Kreatif yang berada di Kabupaten Kartanegara. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2019 sampai dengan bulan Maret 2020. Partisipan penelitian ini yaitu guru PAI dari ke dua MAN tersebut dengan masing-masing sekolah berjumlah 5 guru, sehingga jumlah keseluruhan ada 10 guru. Penentuan partisipan berdasarkan kualifikasi guru yang masih dalam usia produktif, jenis kelamin dan telah memiliki pengalaman mengajar minimal 5 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi nonpartisipan, wawancara semi terstruktur dan studi dokumen. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi data atau triangulasi sumber. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis tematik dengan ATLAS.ti 8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hambatan yang dialami oleh guru PAI dalam menerapkan pembelajaran berbasis HOTS sangat kompleks. (a) Pemahaman konseptual guru PAI terhadap HOTS masih kurang optimal dikarenakan faktor demografi (umur dan riwayat pendidikan), kondisi sekolah dan terbatasnya kegiatan diklat. (b) Hal ini menyebabkan penerapan pembelajaran berbasis HOTS oleh guru PAI mulai dari kegiatan pendahuluan, inti, sampai dengan penutup berjalan kurang maksimal. (c) Kompleksitas hambatan yang dialami oleh guru PAI dalam menerapkan pembelajaran HOTS mulai dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan sampai dengan kegiatan penilaian. (2) Terdapat sembilan solusi atau strategi praktis untuk mengatasi hambatan yang disampaikan oleh guru PAI agar pembelajaran HOTS dapat diterapkan secara optimal. Namun, hasil analisis diperoleh tiga strategi praktis yang sangat diperlukan oleh guru PAI.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kualitatif, Higher Order Thinking Skills, Hambatan Guru PAI, Pembelajaran PAI
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 May 2022 02:47
Last Modified: 11 May 2022 02:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72997

Actions (login required)

View Item View Item