Evaluasi Program TOEFL Preparation di Lembaga Language Center Kampung Inggris-Pare, Kabupaten Kediri Tahun 2020.

Maharani, Mega Selvi and Putro, Nur Hidayanto Pancoro Setyo (2020) Evaluasi Program TOEFL Preparation di Lembaga Language Center Kampung Inggris-Pare, Kabupaten Kediri Tahun 2020. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-mega selvi maharani-8701251036.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskpsikan pesiapan dan dampak pada program TOEFL Preparation di lembaga Language Center, meliputi: (1) objektif akhir dan objektif segera dalam pengadaan program, (2) perencanaan pembelajaran, kualifikasi tutor, kualifikasi peserta didik, dan ketersediaan sarana prasarana, (3) reaksi peserta terhadap program dan pelaksaan pembelajaran, (4) peningkatan hasil skoring peserta pada program TOEFL Preparation. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan campuran Sequential Exploratory (Kualitatif dan Kuantitatif). Model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi CIRO (Context, Input, Reaction, Outcome). Subjek penelitian terdiri dari direktur program, 4 tutor, dan 30 peserta kursus pada periode Februari 2020. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, survey, observasi, dan dokumentasi. Instrumen kuesioner divalidasi dengan uji validasi Gregori menggunakan expert judgment dan validasi konstruk menggunakan Exploratory Factor Analysis. Data kuantitatif tersebut dianalisis menggunakan deskripsi persentase. Data kualitatif dianalisis melalui tahapan kondensasi data, paparan data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konteks yang berupa objektif akhir pada program TOEFL Preparation telah dengan disesuaikan dengan standar pengelolaan lembaga dan kebutuhan peserta, sedangkan objektif segera yaitu meningkatkan keterampilan khusus berupa pembelajaran structure dengan memberikan kelas tambahan. Input pada program TOEFL preparation dalam aspek perencanaan pembelajaran dirancang berdasarkan silabus. Beberapa tutor pengajar di lembaga LC belum masuk kualifikasi pengajar namun diberikan pengembangan keterampila. Tidak ada kualifikasi yang ditetapkan dalam penerimaan calon peserta. Kelengkapan fasilitas telah memenuhi standar sarana prasarana pada lembaga kursus dan pelatihan bahasa. Reaksi kepuasan peserta terhadap program dalam kategori sangat puas dan reaksi terhadap pembelajaran Listening, Reading dan structure 1 dan 2 termasuk dalam kategori baik. Peningkatan hasil skor peserta terjadi pada skoring pertama dan kedua, penurunan terjadi pada skoring ketiga. Tidak terjadi peningkatan yang signifikan pada hasil, sehingga diperlukan peningkatan mutu pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Program, TOEFL (Test of English as a Foreign Language), Pembelajaran Bahasa Inggris.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 May 2022 02:15
Last Modified: 11 May 2022 02:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72995

Actions (login required)

View Item View Item