Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP.

Afifah, Indah Indi and Jaedun, Amat (2020) Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-indah indi afifah-18701251026.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran keterampilan berpikir kritis matematika siswa SMP dan kualitas butir soal yang digunakan untuk melakukan penilaian terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri yang ada di Kabupaten Lombok Barat Adapun waktu penelitian direncanakan pada bulan Januari sampai Maret tahun 2020. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas 8 di SMP Negeri se-Kabupaten Lombok Barat. Sampel diambil menggunakan stratified proportional random sampling. Ukuran sampel ditentukan menggunakan rumus Slovin, yakni minimal sampel 282 siswa. Untuk menghindari ketidaktelitian karena kesalahan pengambilan sampel, maka sampel diambil sebanyak 589 siswa dari 7 sekolah yang berbeda. Data dikumpulkan melalui dokumentasi dan tes, dengan instrumen pengumpulan meliputi soal keterampilan berpikir kritis berbentuk uraian, kunci jawaban soal, dan pedoman/rubric penskoran. Instrumen tersebut divalidasi oleh tiga dosen ahli dan selanjutnya dihitung dengan rumus Aiken’s. Hasil uji coba digunakan untuk melihat validitas konstruk dengan EFA dan reliabilitas instrumen. Hasil penelitian dianalisis menggunakan teori respon butir, dengan model General Partial Credit Model (GPCM) dengan pendekatan 2 parameter logistic (2 PL) berbantuan program R dan Winstep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas butir soal yang digunakan untuk menilai keterampilan berpikir kritis matematika siswa SMP sudah memenuhi standard validitas dan reliabilitas yang baik. Lebih lanjut semua butir soal tersebut juga memiliki tingkat kesukaran dan daya beda yang baik. Adapun fungsi informasi butir sudah valid setelah dibandingkan dengan grafik fungsi informasi standard yang sudah dinyatakan kevalidannya. Selanjutnya terkait tingkat keterampilan berpikir kritis matematika SMP diketahui bahwa dari 589 sampel, siswa yang memiliki keterampilan berpikir kritis pada kategori sangat tinggi 9,34%, kategori tinggi 34,63% kategori sedang 36,84%, kategori rendah sekitar 13,58% dan hanya terdapat 5,60% siswa yang memiliki keterampilan berpikir kritis sangat rendah. Jika dilihat dari masing-masing indikator dapat diketahui bahwa tingkat berpikir krtitis siswa masih pada tingkat analisis.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: penilaian, keterampilan berpikir kritis, teori respon butir
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Program Pascasarjana > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 May 2022 06:48
Last Modified: 10 May 2022 06:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72985

Actions (login required)

View Item View Item